Cara Mudah Menanam Cabe Rawit Di Dalam Pot

Posted on

RuangTani.Com – Bagi kebanyakan masyarakat umumnya pastinya sudah tidak asing lagi dengan namanya cabe rawit. Yang memiliki ciri khas tersediri yakni dengan ukuran kecil namum memiliki rasa yang terbilang begitu sangat pedas yang luar biasa. Semakin bertambah mahalnya pada harga cabe rawit di pasaran hal ini membuat cabe menjadi semakin berharga untuk didapatkan.

Cara Menanam Cabe Rawit Di Dalam Pot

Cara Mudah Menanam Cabe Rawit Di Dalam Pot

Lalu bagaimana cara dalam menanam cabe rawit didalam pot ?? untuk menanam cabe rawit ini cukup mudah dan bisa dilakukan bagi pemula sekali pun. Biasanya kita sering melihat tanaman cabe ini dipekarangan atau diladang yang begitu luas, namun itu kan kalau bagi mereka yang memiliki tanah yang luas lalu bagaimana yang tidak memiliki tanah yang luas. Hal demikian anda dapat melakukannya dengan menggunakan media tanam dengan menggunakan pot.

Baca Juga :

Untuk tahap awalnya anda dapat menggunakan benih cabe rawit dengan cara membeli di toko pertanian atau anda dapat menggunakan teknik polybag yakni cara menanam cabe rawit dari awal dengan menggunakan plastic kantong atau polybag. Untuk cara demikian biasanya digunakan untuk memilih bibit yang unggul tanaman cabe, caranya hampir sama seperti dengan menggunakan langsung dengan pot. Nah berikut ini langkah-langkah cara mananam cabe rawit dengan menggunakan media pot simak ulasannya dibawah ini.

Proses Pemilihan Bibit

Dalam pemilihan bibit yang unggul merupakan salah satu cara yang baik untuk mengetahui kualitas dari benih cabe hal ini untuk memastikan bahwa benih tersebut unggul gunakan media polybag untuk mengetahui keunggulan bibit tersebut, berikut ini cara menanam cabe rawit menggunakan polibag.

  • Persiapkan benih cabe rawit dengan cara membeli cabe rawit secukupnya kemudian iris cabe seperti mengiris cabe pada umumnya.
  • Setelah anda iris semua kemudia di jemur cabe tadi hingga benar-benar dan pisahkan atau bersih benih cabe dari kulitnya.
  • Setelah benar-benar telah bersih kemudian di jemur lagi hingga kering hal demikian yang dinamakan dengan proses penyemaian.
  • Selanjutnya persiapkan polybag untuk kebutuhan setiap benih, isi dengan tanah yang di campurkan dengan kompos maupun juga pasir dengan takarannya 1/3 tanah, 1/4 kompos dan 1/3 pasir lalu di campurkan semuanya, masukkan dalam polybag dan kemudian siram dengan air secukupnya.
  • Kemudian yang terakhir masukkan benih cabe yang sudah kering tadi, antara dua ataupun tiga benih per polybag.
  • Sirami polybag setiap pagi sampai benih cabe bersemi, biasanya dalam proses untuk pemindahkan pada benih cabe ini kurang lebih 3 hingga 4 minggu jika polybag yang anda gunakan cukup besar untuk polybag benih standar anda dapat pindahkan setelah umur 3 minggu.

Persiapan Pemindahan Bibit Cabe

Untuk anda tahap awal tadi dengan pemilihan bibit maka tahap selanjutnya dengan persiapan pemindahan bibit cabe sebagai berikut :

  • Hal pertama dengan persiapan media pot dengan ukuran sedang dengan ukuran lebih berdiameter 30 cm.
  • Untuk tahap berikutnya persiapakan tanah, pasir dan kompos kurang lebih prosesnya seperti diatas yakni 1/3 tanah 1/4 kompos dan 1/3 pasir.
  • Setelah anda telah mencampur semuanya, kemudian masukkan tanah ke dalam pot. Pada tahap ini dengan cara memasukkan terlebih dahulu benih cabe rawit tadi ke dalam pot, lepas polybag dari benih, dengan hati-hati jangan sampai merusak pada bagian akarnya dan diusahakan untuk tidak membuang tanah dari polybag pastikan dengan memasukkan benih tanah tersebut juga di ikut sertakan.
  • Setelah benih tadi telah dimasukkan, lalu masukkan juga campuran tanah yang sudah anda persiapkan dengan membatasi tanah dengan ukuran kurang lebih 3 cm dari permukaan pot kemudian siram setiap pagi.

Perawatan Tanaman Cabe Rawit

Setelah tahap semuanya telah selesai, selanjutnya cara merawat cabe rawit agar dapat tumbuh dengan subur didalam pot anda dapat dengan melakukan sebagai berikut :

  • Dengan melakukan penyiraman setidaknya sehari sekali semua tergantung dari musim.
  • Dengan memberikan pupuk organik hal ini untuk merangsang pertumbuhan cabe tersebut.
  • Dengan melakukan penyemprotan bila di lihat tanaman tersebut diserang oleh hama atau penyakit.
  • Dengan melakukan pemangkasan pada daun yang sudah tua dan batang yang tidak produktif atau cabang yang tidak bersemi.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Menanam Cabe Rawit Di Dalam Pot semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjunganya. 🙂 🙂 🙂