Cara Mudah Menanam Bunga Lavender “ Bernilai Ekonomi ”

Posted on

RuangTani.Com – Bunga lavender merupakan jenis tanaman berbunga yang berasal dari daerah selatan laut tengah hingga ke afrika. Lavender ini termasuk ke dalam tumbuhan menahun, tumbuhan dari jenis rumput-rumputan semak pendek dan semak kecil. Pada bunga ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengusir nyamuk dengan wangi tadi bunga dapat mengusir nyamuk dan tidak disukai nyamuk sehingga nyamuk tersebut tidak berani mendekat.

Cara Mudah Menanam Bunga Lavender

Cara Mudah Menanam Bunga Lavender “ Bernilai Ekonomi ”

Dalam membudidayakan pada bunga lavender ini tidaklah sulit untuk dilakukan, karena tumbuhan ini sudah beradaptasi dengan negara-negara yang ada didunia. Hal ini karena sudah banyak dibudidayakan terutama di negara-negara tropis. Untuk cara membudidayakan dapat dilakukan dengan biji yang disemai dan dipindahkan ke lahan tanam permanen. Dan untuk bibit lavender ini juga sudah banyak di jual ditoko-toko yang terbilang relative murah.

Baca Juga :

Nah dalam membudidayakan pada bunga lavender berikut ini tahapan yang perlu dilakukan simak ulasannya dibawah ini.

Memilih Bibit Lavender

Untuk bunga lavender ini sendiri memiliki jenis dengan kelebihan masing-masing, selain dengan membaca aturan yang tertera di kemasan. Dan dipastikan juga bentuk biji-biji yang ada di dalam kemasan masih utuh apakah tidak termakan kutu atau semut. Kemudian periksa juga tanggal dalam pengemasan dan tanggal kadarluarsanya. Karena bibit-bibit tanaman memiliki masa kadarluarsa dan semakin lama pada bibit tanaman tersebut disimpan maka hal ini akan dapat mengurangi kemampuan tumbuhnya.

Proses Penyemaian Benih Lavender

Dalam penyemaian benih lavender dapat dilakukan di polybag atau pot, isi polybag atau pot dengan campuran tanah pasir dan sekam padi ( sekam padi dapat diganti dengan pupuk kandang atau kompos ) dengan memiliki perbandingan yakni 1 : 1 : 1.

Dalam menyemai biji lavender ini memang perlu kesabaran, untuk biji lavender akan memerlukan waktu sampai 1 bulan baru dapat berkecambah. Biji yang telah tumbuh dibiarkan hingga tingginya mencapai 15 cm baru dapat dipindahkan ke lahan tanam permanen yang diinginkan. Bila anda tidak ingin menunggu lama supaya bunga lavender mengeluarkan bunga maka penanaman dapat dilakukan dengan membeli bibit lavender yang ada di kios-kios penjual tanaman.

Tahap Pemindahan Bibit Lavender

Pada bibit lavender hasil penyemaian yang telah mencapai tinggi 15 cm dapat dipindahkan ke lahan tanam permanen atau pot yang lebih besar. Untuk lahan tanam permanen sebaiknya mendapatkan sinar matahari yang banyak ( 6-8 jam perhari ), karena bunga lavender tidak menyukai kondisi yang lembab.

Selain mendapatkan penyinaran cukup lahan tanam juga harus memiliki porositas yang baik. oleh karena itu buatlah lahan tanam dengan mencampurkan, tanah subur yang genbur pasir dan juga sekam. Lakukan penyiraman terlebih dahulu sebelum bibit lavender dipindahkan ( jangan terlalu basah ). Kemudian robek polybag atau lepas dari tempat semaian dengan tetap menjaga agar tanah semaian tidak pecah. Lalu tanamlah dan tutup dengan sisa tanah yang ada, lakukan penyiraman setelah lavender dipindahkan ke lahan tanam permanen.

Proses Perawatan Bunga Lavender

Untuk bunga lavender ini tidak memerlukan perawatan yang rumit, hanya cukup dengan membersihkan tumbuhan pengganggu yang ada disekitar bunga lavender. Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang setelah 1 bulan di tanam. Lakukan penyiraman sesekali, namun jangan sampai terlalu basah supaya tidak terlalu lembab. Dan apabila anda ingin memetik bunga lavender maka lakukan dengan memotong tangkai dengan menggunakan gunting bunga atau pisau cutter yang tajam.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Menanam Bunga Lavender “ Bernilai Ekonomi ” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂