Cara Mudah Menanam Bunga Geranium “ Yang Bernilai Ekonomi ”

Posted on

RuangTani.Com – Untuk tanaman hias sampai saat ini sangat banyak sekali jenisnya yang bisa memperindah bagian rumah atau dapat mempercantik halaman. Salah satunya ialah tanaman hias Geranium. Selain itu juga dapat menjadi pemercantik ruangan atau bagian rumah. Tanaman hias geranium juga memiliki fungsi sebagai pengusir nyamuk yang tergolong ampuh. Karena aromanya dapat membuat nyamuk dan beberapa jenis serangga lainnya dapat kabur dan tidak bisa mendekat.

Cara Menanam Bunga Geranium

Cara Mudah Menanam Bunga Geranium “ Yang Bernilai Ekonomi ”

Adapun dalam menanam tanaman hias geranium ini anda bisa langsung menanamnya di tanah atau juga menggunakan media pot. Yang perlu diperhatikan ialah tanaman saat ini membutuhkan asupan sinar matahari yang cukup supaya dapat tumbuh dengan baik.

Baca Juga :

Geranium ini juga termasuk tanaman yang tidak memerlukan penyiraman yang dilakukan secara terus menerus karena jika akarnya terlalu basah, maka tanaman ini justru dapat layu dan kemudian mati. Nah berikut langkah-langkah dalam menanam bunga geranium.

Pemilihan Bibit

Yang perlu dilakukan pertama kali untuk menanam geranium ialah dengan mencari bibit yang sempurna dengan cara pembibitan tunas yang tumbuh di sekitar induknya. Untuk memisahkannya anda perlu berhati-hati agar akarnya tidak rusak.

Media Tanam

Setelah itu sediakan media tanam yang sudah dicampur dengan kompos lalu sirami secara teratur, namun jangan terlalu sering. Alasannya yakni seperti diatas yaitu supaya akarnya tidak terlalu basah. Setelah tanaman cukup kuat untuk berdiri sendiri atau bagian akarnya sudah merambat ke dalam tanah.

Perawatan

Dalam hal ini yang perlu dilakukan langkah-langkahnya yaitu :

  • Penyiraman
    Dalam hal ini yakni penyiraman dapat dilakukan antara 2-4 hari sekali.
  • Pemupukan
    Untuk pemberian pupuk juga tidak perlu sering-sering yakni hanya dilakukan secara berkala atau setiap 1-2 bulan sekali.
  • Hama dan Penyakit
    Hal yang perlu diperhatikan ialah perawatan dan perhatikan terhadap hama dan penyakit yang akan menyerang geranium ini setiap saat.
  • Penyiangan
    Dalam hal ini dapat dilakukan dengan bersihkan tanaman geranium dari gulma atau tanaman penggangu lain yang tumbuh di sekitarnya karena unsur hara yang dibutuhkannya dapat terserap atau tercuri oleh gulma yang menggangu.
  • Pemangkasan
    Selain itu juga masih wajib melakukan perawatan dengan cara menghilangkan dan memotong bagian tanaman yang sudah layu atau mati supaya penyebaran penyakit tanaman seperti jamur dapat diminimalisir.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Menanam Bunga Geranium “ Yang Bernilai Ekonomi ” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂