Teknik Mudah Penanaman Anggrek Di Dalam Pot

Posted on

RuangTani.Com – Bagi pencinta tanaman hias pastinya sudah mengetahui atau tidak asing lagi dengan tanaman anggrek ini. Pada tanaman ini sering kali di jumpai dipasaran bahkan dikebun, tapi untuk kali ini tidaklah repot lagi lihat di lahan kebun ataupun dipasaran karena anda dapat menanamnya sendiri dihalaman. Untuk teknik metode yang menggunakan penanaman pot yang sangatlah simple dan sederhana menggunaka jenis pot apa saja.

Teknik Penanaman Bunga Anggrek Di Pot

Teknik Mudah Penanaman Anggrek Di Dalam Pot

Apabila anda berminat menanamnya lihat selengkapnya ulasan berikut ini.

Baca Juga :

Pemilihan Bibit

Dalam pemilihan bibit ini dilakukan agar tanaman bunga anggrek yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus, berikut ini cara untuk memilihnya :

  • Pemilihan induk yang memiliki banyak bunganya
  • Pada bunganya terdapat warna yang cerah
  • Mempunyai bunga yang cukup besar
  • Tahan terhadap serang hama

Pemilihan Tempat Untuk Bunga Anggrek

Supaya tanaman anggrek cepat berbunga maka dalam pemilihan ini sangatlah dibutuhkan, pemilihan lahan ataupun tanah yang sesuai dengan habitatnya supaya dapat menyesuaikan seperti paranet atau tempat penduh yang bertujuan supaya tanaman dapat terjaga kelembaban suhu sekitar, serta terhindar dari pancaran sinar matahari secara langsung.

Media Tanam ( Pot )

Pada tanaman anggrek ini terbilang sangatlah mudah seperti dalam menggunakan media atau metode pot yang tersusun atas dua bagian yakni untuk pada bagian bawahnya terdapat serpihan serbuk kayu supaya tetap menjaga kelembaban dan kesuburan pada tanah.

Pemeliharaan Pada Tanaman Anggrek

Dalam tahapan pemeliharaan atau perawatan penanaman bunga anggrek sangatlah penting karena dalam hal ini proses pertumbuhan perlu mendapatkan perhatian yang penuh agar hasil yang didapat maksimal, berikut tahapannya.

  • Penyiraman
    Untuk proses penyiraman ini umumnya dilakukan 2 kali dalam satu hari, serta apabila kondisi musim hujan tidak perlu dalam melakukan penyiraman karena akan menghambat pertumbuhan pasa tanaman anggrek, sebaiknya untuk melakukan penyiraman ini dilakukan pada sore dan pagi hari.
  • Pemupukan
    Dalam tahap pemupukan ini dilakukan supaya tanah tetap subur dan unsure hara tetap tinggi untuk jenis pupuk yang digunakan dapat menggunakan pupuk kandang dan juga kompos dan lainnya yang dapat menyuburkan tanah. Supaya tanaman dapat cepat berbunga maka pupuk yang digunakan seperti ZPT ( hormon ) hal ini agar memacuh tanaman cepat berbunga dengan cepat hal demikian disebut Giberelin.
  • Pengendalian Hama
    Dalam hal ini dilakukan secara bersekala tergantung hama yang ada disekitar dengan cara membersihkan kotoran dan tumbuh-tumbuhan yang hidup disekitar tanaman hal ini bisa ditangani dengan cara penyemprotan fungisida dan bakterisida.

Pasca Panen

Dalam hal ini dilakukan dengan cara memotong tangkai bunga dengan menggunakan gunting supaya tanaman tidaklah rusak terkena tangan langsung, dan kemudian simpan bunga anggrek ditempat yang sangatlah sejuk supaya tidaklah terjadi kelayuan pada tanaman anggrek.

Demikianlah pembahasan mengenai Teknik Mudah Penanaman Anggrek Di Dalam Pot semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚