Cara ternak Jalak Kebo “Yang Bernilai Ekonomi”

Posted on

RuangTani.Com – Dalam ternak jalak dapat juga menyenangkan, selain itu juga untuk menyalurkan hobi, berternak burung jalak juga bisa mendatangkan keuntungan tersendiri. Burung yang suka mengeluarkan suara yang kicauan keras ini sangat mudah dalam urusan pakan dan juga dalam perawatannya.

Cara ternak Jalak Kebo

Cara ternak Jalak Kebo “Yang Bernilai Ekonomi”

Burung jalak ini meruapakan tipe burung pemakan segalanya yang sehingga tidak begitu sulit dalam memeliharanya. Burung yang aktif bergerak ke sana kemari ini mempunyai panjang tubuh berkisar antara 19 hingga 25 cm. Untuk membedakan sulit sekali antara jantan dan betina secara fisik, namun biasanya ukuran tubuh sang betina sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan penjantan.

Baca Juga:

Bertenak jalak sepertinya tidak begitu merepotkan hal ini karena dalam pemberian pakannya saja hanya dua kali dalam sehari. Untuk makanannya pun dapat berupa pakan jangkrik dan pisang. Dalam berternak jalak perlu ketelatenan dan kesabaran dalam melakukan usaha ternak burung ini, kandangnya juga harus dibuat menghadap ke arah datangnya sinar matahari pagi supaya jalak dapat berjemur saat matahari muncul sekitar pukul 7 hingga 9 pagi. Untuk hasil yang diproleh pun terbilang sangat menggiurkan.

Jalak kerbau ini banyak terdapat di Jawa, Bali, Sulawesi dan beberapa kawasan Asia Timur. Untuk ukuran tubuhnya sedang, kurang lebih 25 cm dengan bulu abu-abu tua hingga hampir hitam, pada tunggir dan ujung ekornya putih, dan dijambulnya pendek. Pada paruh dan kakinya berwarna kuning, sementara burung remaja berwarna agak kecoklatan yang setiap kali akan bertelur akan menghasilkan 2 hingga 3 butir telur. Disebut juga jalak kebo karena jalak ini sering hinggap diatas punggung kerbau untuk memakan kutu-kutu yang ada disana.

Karakter Burung Jalak

Sebelum kita membahas mengenai budidaya jalak, ada baiknya kita mengulas terlebih dahulu karakter burung jalak, supaya kita paham benar-benar sifat-sifat jalak yang akan diternakan.

  • Burung Pemakan Serangga
    Untuk dialam bebas burung jalak atau myna dalam bahasa inggrisnya ialah pemakan serangga, kumbang laron dan telur semut merah. Selain itu terkadang jalak memakan buah-buahan masak misalnya pisang dan pepaya.
  • Gemar Mandi
    Keunikan burung jalak ialah dia suka sekali dengan membersihkan diri dengan air, yang ketika siang hari burung banyak hingga dipinggir sungai atau danau untuk mandi. Yang tujuan burung ini mandi ialah untuk menjaga suhu tubuhnya supaya stabil, selain itu untuk membersihkan diri dari kutu. Oleh karena itu ketika dia diternakan, sebaiknya peternak selalu menyediakan wadah plastik tempat untuk mandi. Namun sebaiknya air untuk mandi burung harus diganti.
  • Hanya Memiliki Satu Pasangan
    Burung jalak merupakan burung koloni yang kemana-mana pergi bersama dengan kawanan lainnya. Walaupun demikian burung ini hanya memiliki satu pasangan saja. Ketika musim bertelur, burung jantan membuatkan sarang untuk betinanya. Sarang dibikin dari rumput dan daunan kering, sarang jalak bisanya terletak dahan pohon yang tinggi atau lobang kayu.
  • Tidak Dapat Dicampur Dengan Burung Jenis Lainnya Dalam Satu Kandang
    Burung jalak merupakan jenis burung petarung dan penguasa teotorial, jadi dia tidak dapat dicampur dengan burung yang beda jenis, karena bakalan berkelahi. Demikian juga ketika anakan burung jalaka yang sudah besar, sebaiknya dipisahkan dari kedua indukannya supaya tidak dilukai oleh induk jantannya.

Cara Berternak Burung Jalak

Dalam berternak burung jalak sebenarnya terbilang mudah asalkan syarat-syarat utamanya dipenuhi. Dan tentu tujuan ternak jalak ialah untuk kepentingan bisnis dan juga pelestarian populasi jalak. Untuk modal yang utama dalam berternak jalak ilah rasa peduli dan tekun dalam merawat indukan dan anakannya ketika sudah menetas. Nah berikut inilah syarat-syarat dasar beternak jalak.

Memilih Indukan

Langkah yang pertama pengadaan indukan burung yang siap kawin, maka pilihlah jantan yang umurnya sudah dua tahun, dengan postur tubuh yang tanpa cacat. Demikian juga dengan indukan betina yang siap kawin. Pengadaan indukan bisa dibeli dari peternak langsung. Kelabihannya peternak sudah mengerti mana burung yang siap kawin.

Atau bisa juga jika anda telah memiliki indukan jantan, tinggal membeli indukan betinanya, sebelum dicampur dalam satu kandang permanen, sebaiknya kedua indukan jalak dimasukan dalam kandang terpisah. Tapi setiap hari kedua kandang tersebut diletakan dalam dampingan. Tujuannya agar saling pengenalan terlebih dahulu. Indikasinya kalau kedua indukan sudah jodoh biasanya saling mepet dan berinteraksi, itulah saatnya mereka dilepas dalam satu kandang.

Lokasi Sangkar

Dalam pemilihan kandang ternak jalak, sebaiknya berada di tempat sepi, yang jauh dari lulu lalang manusia, maupun kendaraan. Suasana yang gaduh, mengakibatkan burung enggan berterlur. Maka pilihlah halaman belakang rumah, untuk dibuatkan kandang diusahakan ada sinar matahari pagi dapat masuk kandang.

Ukuran Sangkar Yang Permanen

Untuk ukuran ideal kandang permanent ialah 80 x 100 x 170 cm, kandang dibuat dari kawat strimin ukuran sedang. Pada bagian tengahnya diberi ranting atau kalau dapat pohon rendah untuk bertengger burung. Sedangkan pada lantainya sebaiknya disemen dan diberi jalan air keluar agar tidak menggenang kalau hujan. Untuk bagian atas ditaruh kotak kayu tempat bertelur burung, pada kotak kayu diberi jerami kering untuk bertelur. Kalau perlu menydiakan rumput kering, jerami di dasar kandang, nanti biar burung jantanya yang membikin sarangnya sendiri di kotak kayu.

Pemberian Pakan

Dalam pemilihan pakan burung yang tepat dapat membantu mempercepat perkawinan, pilihlah pakan burung yang bernutrisi tinggi. Misalnya seperti jangkrik, ulat bambu, kemudian diselingi dengan voer. Untuk burung yang sedang bertelur sebaiknya berikan pakan yang mengandung protein tinggi seperti ulat hongkong, pisang kepok matang.

Untuk pemberian pakan anakan burung yang baru di sapih, berupa bubur buatan terbuat dari campuran voer madu, kemudian di beri air panas. Selanjutnya aduk hingga mengental seperti bubur, diamkan sampai dingin dan diberikan menggunaka pipet atau senduk kecil anakan burung. Pemberian pakan diberikan tiga kali sehari. Untuk masa pemberian pakan durasinya tiga bulan, dari piyik sampai anakan burung keluar bulunya.

Masa Penyapihan

Untuk masa penyapihan merupakan usaha pemisahan anakan burung dari induknya guna di rawat secara intensif oleh peternak. Tujuan penyapihan memberikan kesempatan kepada burung indukan untuk bertelur lagi, supaya lebih produktif. Ketika anakan burung jalak, dipisah sebaiknya tetap ditaruh pada sangkar yang dikasih rumput kering, kemudian juga untuk penghangatnya kandangnya diberi bohlam lima watt.

Proses Penjemuran

Untuk proses penjemuran anakan burung dan burung dewasa ialah salah satu kegiatan rutin di pagi hari, biasanya dilakukan antara pukul 08:00 hingga 10:00. Ketika burung akan dijemur sebaiknya kandang pun dibersihkan dari kotoran burung dan sisa makanan yang membusuk, tempat air minum juga dibersihkan agar berlumut.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara ternak Jalak Kebo “Yang Bernilai Ekonomi” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂