Cara Budidaya Tanaman Gambir “Bernilai Ekonomi”

Posted on

RuangTani.Com – Tanaman gambir atau yang sering disebut juga dengan Uncaria gambir Roxb merupakan tanaman yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara terutama di Indonesia dan Malaysia. Untuk di Indonesia tanaman ini banyak ditemukan di hutan-hutan kawasan Sumatera termasuk dalam keluarga kopi-kopian atau Rubiaceae serta memiliki batang berkayu.

Budidaya Tanaman Gambir

Cara Budidaya Tanaman Gambir “Bernilai Ekonomi”

Pada umumnya masyarakat Indonesia memanfaatkan gambir untuk bahan campuran menyirih, bahan perekat kayu, bahan kosmetik, pewarna tekstil dan bahan baku obat-obatan tradisional. Pada tanaman gambir ini termasuk salah satu komoditas perkebunan yang tersebar di beberapa wilayah terutama pada Sumater Barat, Sumater Utara, Riau, Kepulauan Riau, Aceh hingga ke Sumatera Selatan.

Baca Juga:

Nah berikut ini beberapa langkah dalam membudidayakan tanaman gambir untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

Lahan Dan Agroklimat

Dalam menanam tanaman gambir, kita bisa menanamnya pada tanah jenis podsolik merah kuning hingga merah kecoklatan. Memiliki ph atau keasaman tanah antara 4.8-5.5. berada di ketinggian antara 5 hingga 1.100 meter dan memiliki kemiringan tanah sekitar 15%. Untuk iklim yang cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan gambir ialah wilayah yang memiliki curah hujan antara 2.500 hingga 3.350 mm per tahun, dengan memiliki suhu udara antarav 20-40 derajat celcius dan memiliki kelembapan udara sekitar 70-85%.

Pembenihan

  • Pengolahan Benih
    Usahakan dalam menggunakan benih yang diambil dari varietas unggul agar pemulihan pertumbuhan daun berjalan dengan cepat dan pilihlah tanaman yang sudah berusia antara 10-13 tahun dengan tinggi rumpun sekitar 300 cm serta panjang cabang antara 300-500 cm.
  • Penyiapan
    Pada benih tanaman gambir yang baik untuk digunakan pengembangan ialah bagian biji. Biji tersebut dapat kita dapatkan dari buah yang sudah petik dan ditandai dengan polong yang berubah warna menjadi hitam kecoklatan sebelum pecah.
  • Persemaian Buah
    Jemur buah dipanasan matahari sampai polongnya pecah, selanjutnya keluarkan biji dan bersihkan dari kotoran yang menempel serta simpan di dalam tempat hampa udara.
  • Pengencambahan
    Untuk melakuka proses pengencambahan akan lebih maksimal apabila dilakukan pada tempat yang rata dicampur dengan pupuk kandang dan memiliki permukaan yang licin supaya kecambah tumbuh lebih cepat. tunggu sampai benih tersebut berdaun 2 sampai 3 pasang, bila sudah mulai tumbuh maka biji sudah siap untuk ditanam di lapangan.

Persiapan Lahan

Dalam hal ini bersihkan lahan yang akan kita gunakan, selanjutnya lakukan pengajiran dan pembuatan lubang tanam sekitar 40 x 40 x 40 cm. lalu biarkan hingga 15 hari, setelah 15 hari baru masukan tanaman gambir dan tutup dengan tanah yang sudah dicampuri dengan pupuk.

Pemeliharaan

  • Penyiangan
    Hal ini denga penggemburan dan penyiangan tanah disekitar tanaman sangat dianjurkan, sampai tanaman berusia sekitar 3 hingga 4 tahun.
  • Pemupukan
    Dengan memberikan pupuk NPK dan pupuk organik setiap 1 minggu sekali agar tanaman tumbuh dan berkembang dengan baik.
  • Merundukan
    Tujuan melakukan merundukan agar tanaman semakin rimbun, subur dan berdaun lebat. Caranya dengan mengikat setiap batang yang mulai tumbuh, lalu tarik menuju kearah dan akhirnya merunduk ke luar cabang yang baru.

Panen

Pada tanaman gambir dapat kita panen apabila sudah berusia diatas 2 tahun, sedangkan panen selanjutnya sekitar 6 bulan setelah dilakukan panen sebelumnya, dalam setahun gambir dapat dipanen antara 2 hingga 3 kali.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Budidaya Tanaman Gambir “Bernilai Ekonomi” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂