Cara Budidaya Pohon Bambu “Yang Bernilai Ekonomi”

Posted on

RuangTani.Com – Tanaman bambu merupakan tanaman yang mempunyai banyak sekali manfaatnya, selain sebagai tanaman perintis ternyata bambu ini bisa juag dipergunakan sebagaimana tumbuhahan berkayu lainnya. Bambu ini juga memiliki sejumlah kelebihan misalnya seperti pada batangnya yang lentur cenderung tidak mudah patah, pada dinding kayunya keras, serta pemanfaatannya yang berulang.

Budidaya Pohon Bambu

Cara Budidaya Pohon Bambu “Yang Bernilai Ekonomi”

Berlaku sekali tanam dan tebang untuk kayu lain, tetapi tidak untuk pohon bambu. Selama masih hidup pada tanaman ini dapat dipergunakan terus menerus, dalam waktu yang cukup lama hingga puluhan malah bisa ratusan tahun lamanya.

Budidaya Pohon Bambu

Untuk cara membudidayakan pada bambu sebenarnya tidaklah terlampau sulit, walaupun demikian diperlukan pengetahuan yang lengkap mengenai teknik budidaya yang baik supaya tanamannya dapat tumbuh baik dan dapat menghasilkan rumpun yang hidup berkesinambungan.

Dalam budidaya pohon bambu ini diperlukan pula persiapan yang matang seperti mulai darai pembibitan, perawatan hingga tanaman siap di panen.

Persiapan Bibit Bambu

Untuk langkah awal dari rangkaian cara tanam bambu ialah dengan menyiapkan bibit, yang bisa dilakukan dengan cara stek batang, rhizome atau cabang. Beda jenis bambu jadi beda pula untuk mempersiapkan bibitnya. Misalnya untuk bambu petung, dalam pembibitan dapat dilakukan dengan ketiga jenis stek. Dan untuk bambu apus, stek cabang dan rhizom saja yang disarankan, sedangkan pada bambu kuning dapat dengan menggunakan teknik pembibitan stek rhizom. Apabil tidak ingin ribet untuk mempersiapkan bibit sendiri, anda dapat membelinya akan tetapi anda harus paham betul untuk jenis bambunya, serta mampu membedakan bibit yang baik dan tidak.

Proses Persiapan Media Tanam

Untuk lubang tanam bisa dibuat dengan ukuran yang berbeda-beda, hal ini tergantung ketersediaan lahan dan bibit yang akan dikembangbiakan. Sebelum penanaman dilakukan media tanam dapat diisi dengan pupuk ditambah dengan dedauanan dan tanah hasil galian, lalu dikomposkan kurang lebih 2 bulan.

Untuk menanam anda juga bisa dimana saja, bambu tumbuh baik di daerah dataran rendah maupun tinggi. Bahkan untuk jenis bambu air, bisa tumbuh di area grey water. Begitu juga dengan cara menanam jenis bambu jepang, akan berebeda pula, karena tanaman bambu ini termasuk tanaman indoor yang dapat ditanam di tanah terbuka maupun pot.

Tahap Penanaman

Untuk penanaman pada pohon bambu, waktu yang paling disarankan untuk menanam bambu ialah pada saat musim hujan, sekitar bulan desember sampai januari atau paling lambat februari, dan pada bibit bambu sudah harus ditanam di lubang yang telah dikomposkan.

Perawatan Pohon Bambu

Tahap selanjutnya yakni perawatan, setelah ditanam bambu membutuhkan pemeliharaan atau perawatan yang tepat supaya bisa tumbuh dengan baik. Untuk kegiatan pemeliharaan tanaman bambu meliputi penyiapan dan pembersihan tanaman dan lingkungan sekitar area tanam, penyembrotan herbisida atau pestisida untuk mengatasi gulma dan hama, pemupukan, pemangkasan untuk merapikan rumpun yang sudah mulai tumbuh tinggi dan penjarangan. Untuk upaya dalam perawatan dapat bervariasi hal ini tergantung pada usia tanaman.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Budidaya Pohon Bambu “Yang Bernilai Ekonomi” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: