Cara Budidaya Padi Gogo “Yang Bernilai Ekonomi”

Posted on

RuangTani.Com – Beras merupakan makanan pokok bagi orang Indonesia dan berbagai negara di kawasan Asia dan juga Brasil. Dalam hal ini beras dihasilkan dari tanaman padi yang termasuk rumput yang berumpun. Ada sekitar 25 jenis tanaman padi yang sering ditanam oleh para petani dengan cara membudidayakan di sawah atau diladang.

Cara Budidaya Padi Gogo

Cara Budidaya Padi Gogo “Yang Bernilai Ekonomi”

Namun untuk jenis padi yang ditanam disawah berbeda dengan jenis padi yang ditanam di ladang atau didaerah perbukitan. Untuk cara tanam padi disawah membutuhkan banyak air untuk dapat menggenangi sawah sementara untuk diladang atau didaerah perbukitan, sangat jarang terdapat sumber air yang melimpah.

Yang oleh sebab itu, untuk daerah ladang dan perbukitan, padi gogo ialah jenis padi yang peling sangat cocok. Padi ini sangat berbeda dengan saudaranya padi yang ditanam di areal persawahan seperti padi sri. Dalam hal ini untuk jenis padi gogo tidak banyak membutuhkan air dan juga pengolahannya pun terbilang sangat mudah. Nah untuk bercocok tanam padi jenis gogo maka bisa dengan langkah-langkah beriku ini.

Cara Menanam Padi Gogo

Untuk teknik yang pertama dalam budidaya padi gogo tidak jauh berbeda dengan teknik menanam padi jenis lain semisal padi ciherang, diantaranya yaitu:

  • Hal yang pertama yakni harus dilakukan mengolah tanah.
  • Tanah sawah harus diolah dengan benar.
  • Untuk cara mengolah ladang untuk padi gogo harus disesuaikan dengan musim.
  • Waktu yang tepat untuk dapat mulai dalam mengolah ladang ialah akhir musim kemarau sekitar bulan oktober dan november sehingga ladang diperkirakan akan mendapat pasokan air hujan pada saat tanaman membutuhkan air.

Tahap Pemeliharaan Ladang Dan Persemaian

Dalam tahap ini pada ladang harus bersih dari rumput dan jenis sampah plastik supaya pertumbuhan padi menjadi maksimal. Pada tanah dibajak dan digaru seperti teknik mananam padi biasa. Setelah tanah selesai diolah maka yang perlu dilakukan ialah dengan pembibitan. Langkah ini sangat penting karena apabila pembibitan gagal maka pohon padi tidak akan tumbuh dengan sempurna dan bulir padi pun tidak akan terisi dengan sempurna dan hasil per hektar akan sedikit. Dalam bertanam padi membutuhkan kesabaran serta teknik yang benar. Hanya petani yang sudah berpengalaman yang mampu dengan menghasilkan padi dengan jumlah dan kualitas yang terbaik. Setelah bibit mulai disemai, maka pindahkan bibit tersebut ke areal yang akan di tanam yakni ladang.

Proses Penanaman Padi Gogo

Untuk cara dalam menanam padi jenis gogo ini maka teknik yang bisanya anda pergunakan saat menanam padi hibrida juga bisa digunakan. Padi gogo ditanam di areal ladang yang sudah tergenang air 1 hingga 2 cm dan padi di tanam dengan memiliki kedalaman sedang supaya pada akar dapat berkembang maksimal dan tidak patah. Yang seperti layaknya bercocok tanam jensi padi lainnya, maka dalam pemupukan perlu sangat diperhatikan. Paling baik memupuk sawah dengan pupuk organik seperti pupuk kandang atau daun-daunan dari pada dengan pupuk kimia namun penggunaan untuk pupuk kimia juga tidak dilarang asal masih dalam batas kewajaran.

Teknik Membudidaya Jenis Padi Gogo

Untuk teknik membudidayakan padi jenis gogo tidak membutuhkan banyak perhatian dan perlakukan. Hanya cukup anda dengan membersihkan ladang dari rumput serta hama pengganggu lain seperti yakni tikus dan burung maka hasil yang akan dicapai pun maka akan cukup memuaskan. Untuk pengairan hanya diperlukan saat awal tanam dan saat padi mulai berbunga. Karena padi gogo sangat tergantung dari air hujan maka biasanya padi gogo hanya bisa ditanam sekali dalam setahun dan diselingi dengan tanaman kering seperti jagung dan kedelai. Begitu sekitar 3-4 bulan dan bulir padi sudah mulai menguning maka padi pun siap untuk dipanen. Untuk memanen alat yang dapat digunakan yakni arit yang tajam untuk mengurangi kerontokan padi saat memanen. Hasil padi gogo per hektar lumayan besar yakni 3-4 ton gabah kering giling per hektar sehingga dapat mampu menunjang kehidupan para petani.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Budidaya Padi Gogo “Yang Bernilai Ekonomi” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: