Tips Dalam Budidaya Kelapa Sawit Di Lahan Gambut

Posted on

RuangTani.Com – Lahan gambut merupakan lahan yang memiliki lapisan tanah yang kaya akan bahan organiknya. Bahan organik penyusun tanah gambut yang terbentuk dari sisa-sisa tanaman yang belum melapuk sempurna karena kondisi lingkungan jenuh air dan miskin hara. Oleh karena itu lahan gambut ini banyak ditemui di daerah rawa atau daerah cekungan yang drainasenya buruk.

Budidaya Kelapa Sawit Di Lahan Gambut

Tips Dalam Budidaya Kelapa Sawit Di Lahan Gambut

Gambut tersebut terbentuk dari timbunan sisa-sisa dari tanaman yang telah mati, baik yang sudah lapuk maupun belum. Timbunan terus bertambah karena proses dekomposisi terhambat oleh kondisi anaerob atau kondisi lingkungan lainnnya yang dapat menyebabkan rendahnya tingkat perkembangan biota pengurai.

Baca Juga :

Dalam pembentukan tanah gambut merupakan proses geogenik yakni pembentukan tanah yang disebabkan oleh proses deposisi dan transportasi, berbeda dengan proses pembentukan tanah mineral yang pada umumnya merupakan proses pedogenik. Gambut yakni tanah yang terbentuk dari bahan organik pada fisiografi cekungan atau rawa, akumulasi bahan organik pada kondisi jenuh air, anaerob yang menyebabkan proses perombakan bahan organik berjalan sangat lambat, sehingga terjadi akumulasi bahan organik yang membentuk tanah gambut.

Budidaya Kelapa Sawit Di Lahan Gambut

Dalam menanam sawit di lahan gambut merupan salah satu budidaya kelapa sawit yang dapat dikatan cukup sulit. Dalam budidaya kelapa sawit di lahan gambut ini sangat membutuhkan ketelitian dan perwatan yang baik. Karen lahan gambut sangat berbeda dengan lahan yang lain. Namun di samping kesulitan tersebut dalam menanam sawit di lahan gambut ini ternyata ada sisi positifnya, karena lahan gambut memiliki pengaruh yang cukup penting apabila dilihat dari segi ekonomi dan ekologi.

Untuk perlu diketahui bahwa pada lahan gambut ini sudah menyediakan hasil hutan seperti kayu dan non kayu, penyimpanan air pensuplai air dan juga sebagai pengendali banjir. Selain itu lahan gambut ini juga merupakan habitat bagi keanekaragaman hayati. Bahkan dalam pengembangan pembangunan diberbagai sektor dalam pemanfaatan lahan gambut ini cukup menjadi alternative cadangan terakhir apabila tidak memungkinkan bagi pengembangan di lahan mineral. Namun hanya pada lahan gambut yang terdegrasi, sedangkan bagi kawasan hutan gambut harus tetap dipertahankan sebagai hutan gambut supaya ekosistem tetap terjaga.

Nah bagi anda yang ingin menanam atau membudidayakan sawit dilahan gambut yang telah terdegradasi maka sangat perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Memperhatikan Nilai Kecocokan Pada Lahan

Untuk melakukan dalam membudidayakan tanaman kelapa sawit pada lahan gambut sangat perlu dipertimbangkan dan dipastikan bahwa lahan sesuai untuk kelapa sawit. Dalam hal ini tahap ini yang paling penting ialah dengan memastikan bahwa lokasi atau tempat yang akan digunakan tidak bertentangan dengan peraturan dan cukup layak untuk dapat dilaksankan usahanya. Dan selain itu untuk berhasil tidaknya dalam membudidayakan kelapa sawit di lahan gambut juga sangat bergantung pada faktor-faktor seperti kematangan gambut, kedalaman gambut, kedalaman lapisan pirit dan frekuensi dan lama genangan.

Pembukaan Lahan

Untuk menanam sawit dilahan gambut tips selanjutnya ialah dengan melakukan pembukaan lahan yang baik dan benar. Yang dalam hal ini pembukaan lahan gambut, lakukan pengolahan lahan tanpa membakar, karena apabila lahan gambut yang telah kering dan terbakar makan akan dapat mengakibatkan resiko yang cukup besar, selain itu juga kita akan banyak mengalami kerugian, seperti kehilangan unsur hara yang terkandung pada lahan akan terjadi pelepasan karbon dalam bentuk sap. Sehingga akibatnya bukan hanya kita saja yang dirugikan, akan tetapi banyak pihak lain yang akan menanggung kerugian akibat pembakaran lahan gambut tersebut.

Suplai Air Bila Lahan Gambut Sudah Kering

Dalam melakukan penyuplaian air ialah hal yang perlu diperhatikan didalam membudidayakan kelapa sawit di lahan gambut, karena jikan lahan gambut sudah kering maka sifat tanah tersebut tidak bisa lagi menjadi basah. Maka dari itu sangat diperlukan pemasokan air guna untuk mendapatkan air yang cukup.

Proses Pemadatan Gambut

Dalam proses ini tujuannya agar tanah menjadi padat sehingga daya topang terhadap tanaman menjadi kuat dan tanaman sawit tidak mudah tumbang. Apabila anda tidak melakukan pemadatan gambut tersebut, hal ini maka akibatnya nanti pohon sawit yang anda tanam akan mudah roboh karena daya akar tanaman tidak cukup kuat.

Tahap Perawatan

Dalam melakukan proses perawatan pada tanaman sawit di lahan gambut sebenarnya hampir sama dengan tanaman sawit dilahan mineral, hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti: upaya penggalian produksi, masa TBM dan TM, melakukan penunasan, melakukan pengendalian gulma atau rumput liar, melakukan pengendalian hama dan penyakit, melakukan perawatan jalan dan melakukan perawatan sarana panen.

Tahap Pemupukan

Membudidayakan kelapa sawit dilahan yang gambut dalam pemupukan juga sangat penting untuk keberhasilan kita menanam sawit dilahan gambut tersebut. Untuk lahan gambut yang subur, jenis pupuk dan dosisnya hampir sama dengan pemupukan pada tanah mineral. Sedangkan untuk lahan gambut dengan kadar ca dan mg pemupukan relative lebih tinggi. Untuk mengaplikasikannya seperti tidak perlu pengapuran, aplikasi dosis kcl 3-5 kg/pohon/tahun, dan pupuk mikro yang wajib diberikan ( Cu, Zn, Fe, B ).

Demikianlah pembahasan mengenai Tips Dalam Budidaya Kelapa Sawit Di Lahan Gambut semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 m:)