Cara Mudah Menanam Jeruk Manis Di Dalam Pot

Posted on

RuangTani.Com – Jeruk manis merupakan yang sangat populer dan paling terlaris di pasaran. Buah ini hanya manis dan segar, jeruk juga banyak sekali mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan. Jika pada umumnya buah ini jeruk ini dijadikan sebagai tanaman perkebunan yang membutuhkan lahan yang luas.

Cara Menanam Jeruk Manis Di Dalam Pot

Cara Mudah Menanam Jeruk Manis Di Dalam Pot

Tapi yang lagi trend saat ini yakni dengan memanfaat lahan yang sempit atau di perkarangan rumah dengan menggunakan media pot. Agar lebih jelasnya bagaimana cara menanm buah jeruk manis ini dimedia pot simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga :

Persiapan Bibit Jeruk

Bibt jeruk manis dapat anda peroleh dengan cara vegetative dan generatif. Untuk cara generative anda dapat memperbanyak jeruk dengan menggunakan biji jeruk tersebut, sedangkan untuk cara vegetatif anda dapat memperbanyak bibit jeruk tersebut dengan menggunakan okulasi atau dengan cangkok. Namun untuk penanaman yang menggunakan media pot lebih baik bibit di peroleh dari penangkar bibit buah-buahan.

Media pot Dan Media Tanam Jeruk

  • Media pot jeruk

    Untuk media pot ini anda dapat menggunakan pot yang terbuat dari bahan tanah, plastik, porselen, lastic, semen atau kayu. Dan untuk bentuk ukuran pot juga bervariasi tergantung dari ukuran bibit yang anda akan tanam.

  • Media Tanam

    Untuk media tanam tanamnya sebaiknya anda menggunakan tanah perkebunan yang subur, namun anda juga dapat menggantinya dengan campuran tanah lalu pasir maupun pupuk kandang dengan memiliki perbandingan 1 : 1 : 1.

Tahap Penanaman Jeruk

Nah berikut ini cara penanaman menggunakan pot sebagai berikut :

  • Pertama isi dasar pot dengan menggunakan pecahan genting..
  • Lalu tambahkan kerikil dan pasir pada lapisan atasnya.
  • Kemudian masukan tanah perkebunan yang subur atau campuran media tanam hingga sepertiga pot.
  • Keluarkan bibit dari polybag, potong akar tunggang bibit jika terlalu panjang hingga sisa setengahnya.
  • Kemudian letakan bibit di tengah pot lalu timbun dengan menggunakan media tanam hingga pot tersebut penuh.
  • Selanjutnya yang terakhir siram media tanam dengan menggunakan sedikit air agar lebih memadat.

Pemeliharaan Tanaman Jeruk

Dalam penanaman agar tumbuhan tersebut dapat tumbuh dengan baik maka pemeliharan merupakan suatu tahapan yang sangat penting, perhatikan sebagai berikut :

  • Penyinaran Dan Penyiraman Tananam Jeruk

    Hal yang perlu diketahui atau perhatikan dalam menanam jeruk di pot, pada jeruk membutuhkan sinar matahari sebanyak kurang lebih 5 jam dalam sehari. Maka dari itu sebaiknya anda meletakkan tanaman jeruk tersebut ditempat yang mendapat penyinaran matahari penuh dan tidak terhalang dengan sesuatu. Dan untuk penyiraman 2 kali dalam sehari yakni pagi dan sore dengan air secukupnya dan secara teratur.

  • Pemupukan

    Supaya tanaman jeruk anda lebih produktif berbuah, maka ada baiknya bila anda melakukan pemupukan secara rutin setiap 4 bulan sekali. Pada saat berumur 4 bulan terhitung setelah penanaman mulai berikan pupuk NPK sebanyak 25 gram/tanaman. Seiring dengan bertambahnya umur tanaman, tambahkan juga dosis pupuk tanaman sehingga pada saat berumur 8 bulan dengan dosis pupuk yakni 50 gram/tanaman, 100 gram/tanaman pada umur 12 bulan. 200 gram/tanaman pada umur 16 bulan dan seterusnya.

  • Pemangkasan

    Tahapan dalam pemeliharaan yakni dengan pemangkasan. Yang bertujuan untuk dapat meningkatkan produktiv sekaligus untuk mempercantik penampilan pada tanaman tersebut. Selain anda melakukan pemangkasan untuk mempercantik cabang jangan lupa juga untuk memangkas ranting-ranting yang kering atau yang terserang hama dan penyakit.

  • Pergantian Pot

    Dalam tahap ini dengan pergantian pot, untuk pergantian pot tanaman sudah berumur 3-4 tahun. Namun untuk pergantian selanjutnya dilakukan setiap setahun sekali.

  • Hama ( kutu daun ) Biasan Menyerang Tanaman Jeruk

    Hama ini merupakan hama yang paling sering menyerang tanaman jeruk. Gejala yang terlihat pada bagian daun tanaman mulai menggulung. Untuk mengatasi hama ini dengan cara penyemprotan dengan menggunakan insektisida seperti Curacron 500 EC dan Decis 2.5 EC. Saat menyemprotkan diusahakan tepat pada hama bukan pada buah tanaman tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Menanam Jeruk Manis Di Dalam Pot semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚