6 Cara Mudah Menanam Bunga Anggrek Bambu Harga Jual Tinggi

Posted on

RuangTani.Com – Sudah sejak dahulu bunga anggrek disukai dan diminati oleh bangsa-bangsa di dunia, termasuk bangsa Indonesia. Di Indonesia telah dikenal beribu-ribu jenis anggrek, baik anggrek hasil budi daya maupun anggrek liar. Di antara jenis anggrek liar biasanya terdapat potensi yang tersembunyi, baik sebagai tanaman hias maupun bukan sebagai tanaman hias. Apabila kita mau mengamati jenis anggrek yang masih liar, kemungkinan akan ditemukan jenis anggrek baru yang pada akhirnya dapat menambah keanekaragaman jumlah atau jenis tanaman hias kita.

Bunga Anggrek Bambu

Ingatan kita mengenai bunga anggrek selain mempunyai daya pikat yang hebat sebagai tanaman hias, juga dapat dimanfaat- kan sebagai bunga potong untuk buket atau sebagai bunga hiasan meja. Di antara sekian banyak jenis anggrek liar yang telah dibudidayakan di Indonesia, salah satunya adalah anggrek bambu. Anggrek ini meskipun tampak liar namun mempunyai potensi cukup baik sebagai tanaman hias karena bentuk dan warna bunganya sangat menarik.

Dalam dunia perdagangan, bunga anggrek bambu mempunyai prospek yang baik bagi devisa negara, baik masa sekarang maupun masa mendatang. Penampilan anggrek bambu cukup unik. Warna dan bentuk bunganya mirip bunga Cattleya, yakni bunga cantik dari Amerika. Kemiripan inilah yang merupakan modal utama bunga anggrek bambu sehingga disukai oleh para penggemar anggrek di dunia. Anggrek Cattleya sangat terkenal di Amerika karena mempunyai bentuk dan warna yang cantik sehingga harga jualnya cukup tinggi.

Penanaman Dan Pemeliharaan Anggrek Bambu

Cara Penanaman dan Pemeliharaan Anggrek Bambu

Seperti halnya jenis tumbuhan lain, anggrek bambu memerlukan persyaratan tumbuh yang hams dipenuhi untuk dapat tumbuh dengan baik. Misalnya, lingkungan terbuka, suasana lembap, dan tanah yang berhumus. Dengan keadaan demikian, anggrek akan berbunga sepanjang tahun, seperti di Pulau Jawa, khususnya daerah Jawa Barat.

Perbanyakan anggrek bambu tidak terlalu sulit. Cara memperbanyak anggrek bambu dapat dengan memisahkan sebagian kecil rumpun muda (paling sedikit tiga batang) dari induknya atau anakan yang berada di ujung batang. Apabila hasilnya ingin baik, dianjurkan untuk menggunakan rumpun sisi yang umurnya masih muda karena jika mengguna¬kan bibit dari rumpun yang sudah tua hasilnya kurang baik dan tumbuhnya akan kerdil-kerdil. Jadi, penanaman atau perbanyakan anggrek bambu yang paling baik adalah menggunakan atau memisahkan rumpun sisi yang berumur muda.

Cara penanamannya seperti berikut :

Setelah rumpun sisi yang masih muda dipisahkan dari induknya, kemudian akar-akarnya yang sudah tua dibuang, lalu dicuci dengan air bersih. Akar tersebut diletakkan dan diatur pada dasar lubang yang terlebih dahulu digemburkan tanahnya. Selanjutnya, akar ditimbun tanah yang telah dicampur dengan kompos atau pupuk kandang. Tanaman disiram dan tanahnya dipadatkan.

Penanaman anggrek bambu dalam pot juga mudah dilakukan : 

Caranya adalah isi dasar pot dengan pecahan genting sebanyak 1/3 dasar pot. Kemudian, ke dalam pot tersebut ditambahkan tanah yang dicampur kompos atau pupuk kandang. Bibit yang telah dicuci bersih (paling sedikit tiga batang bibit) dimasukkan ke dalam pot tanam. Selanjutnya, bibit ditimbun dengan tanah dan disiram dengan air bersih. Penanaman dalam pot biasanya dilakukan untuk bibit anggrek bambu hasil dari pembiakan di laboratorium yang menggunakan biji yang disemaikan pada media atau dari anakan yang telah berakar. Cara ini biasanya dikenal dengan istilah “kultur jaringan.”

Cara penanaman yang lain adalah dengan menggunakan biji :

  • Penanaman biji secara alamiah sangat sulit karena dari biji yang berjuta-juta setelah terbawa angin, hanya beberapa biji yang akan tumbuh pada lingkungan yang cocok.
  • Untuk memperbanyak pertumbuhan bibit biji dengan hasil yang baik hanya dapat dilakukan dengan cara teknis.
  • Cara ini telah disebutkan di muka, yaitu dengan cara mengultur dari jaringan tumbuhan anggrek.
  • Cara ini dilakukan di laboratorium dengan alat-aiat yang sudah suci hama.

Media tanam yang digunakan dalam cara ini adalah harus mengandung zat-zat makanan (unsur hara).

  • Di bawah ini adalah tabel (1) media tanam agar knudson.
  • Media knudson dicampur dalam tabung erlenmeyer, kemudian tabung tersebut diletakkan dalam panci yang berisi air dan dididihkan di atas kompor hingga zat dalam tabung tersebut larut.
  • Biji disemaikan dalam media tersebut dan jika telah tumbuh dapat dipindahkan ke dalam pot.
  • Penanaman biji dalam media tersebut dilakukan dengan menggunakan alat-alat, ruangan, dan tabung bebas hama.

Tabel 1 Media tanam anggrek bambu “agar knudson”

No.

Zat kimia atau unsur hara

Takaran

1.

Aquades atau air suiing suci hama 1.000 cc (1 liter)

2.

Kalium mono fosfat (KH2PO4) 0,25 gram

3.

Kalium nitrat Ca (N03)2) 1 gram

4.

Magnesium sulfat (MgS04.7H20) 0,25 gram

5.

Klorida besi (Fe2Cl6) 0,05 gram

6.

Amonium sulfat (NH4)2 SO4) 0,50 gram

7.

Gula 10-20 gram

8.

Agar-agar (batang, kaleng) 17-50 gram

Catatan : Bahan-bahan kimia tersebut dapat diperoleh di toko kimia.

  • Dalam pemeliharaannya, anggrek bambu tidaklah sulit, seperti anggrek-anggrek tanah lainnya.
  • Cahaya adalah faktor utama yang harus diperhatikan.
  • Selanjutnya, faktor lain yang juga penting dan harus diperhatikan adalah kelembapan udara dan tanah serta sirkulasi air dan udara yang masuk ke dalam tanah.
  • Untuk menjaga hal tersebut, harus dilakukan penyiangan dan pemupukan serta penyiraman setiap pagi atau sore hari.
  • Pada anggrek bambu yang hidup di tanah atau pada pot, diperlukan makanan tambahan atau unsur hara guna menjaga pertumbuhannya agar tetap baik.
  • Unsur hara tersebut dapat berasal dari pupuk alamiah seperti kompos, pupuk kandang, bahkan dapat menggunakan kencing ternak yang diencerkan 10 bagian dalam air dan disiramkan pada tanaman anggrek bambu (Idris dkk.).

Pupuk buatan yang sering diberikan pada tanaman anggrek menurut catatan Idris dan kawan-kawan adalah seperti tabel berikut ini :

Tabel 2 Jenis-jenis pupuk buatan untuk tanaman anggrek dan takarannya.

No. Nama Jenis Pupuk Buatan

Takaran

1.

Gandasil D atau B ¼ Sendok teh per liter air

2.

Bayfolan 5 cc per liter air

3.

Hyponex ¼ Sendek teh per liter air

4.

Pokon ½  Sendok teh per liter air

5.

Fish emultion 5 cc Per liter air

6.

Pupuk majemuk lainnya 1 Sendok makan per liter air
  • Tanaman anggrek juga harus sering dikontrol karena kadang-kadang ada sejenis kumbang yang menyerangnya.
  • Kumbang tersebut berwarna kuning sehingga si kumbang dijuluki kumbang kuning jeruk atau kumbang kuning jerami.
  • Kumbang ini dalam dunia hama dan penyakit terkenal dengan nama crioceris subpolita motsch.
  • Kumbang ini jalannya lambat sehingga dengan mudah dapat ditangkap dan dimusnahkan.

Menurut catatan Latif, kumbang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Sungut dan tungkainya berwarna kuning sawo, panjangnya 7,5-9,5 mm, dan lebarnya 3,2 – 4,4 mm.
  2. Hidupnya bertahan hingga satu bulan.
  3. Telurnya terbungkus lendir dan terdapat di daun-daun bunga dan gagang bunga.
  4. Lundinya berwarna putih kelabu atau lembayung (menurut warna bunganya).
  5. Pada punggung lundi ada kotorannya dengan panjang 12-15 mm.
  6. Lundi besar berwarna kuning dan bersarang di atas. Sarang ini berwarna putih, lalu akan berkepompong di atas daun tersebut.
  7. Kepala, dada, dan badan belakang ke- pompong berwarna kuning kelabu. Panjang-nya ± 8,5 mm dan lebarnya 4,25 mm.
  8. Sarang ulatnya putih berbuih.
  9. Serangan kumbang hanya setiap pagi dan sore hari. Kedatangan kumbang ditandai bau busuk di sekitar tanaman anggrek bambu. ‘
  10. Kumbang terbang melembam dan jika disinggung akan menjatuhkan dirinya.

Pemberantasan atau pembasmian kumbang penyerang anggrek bambu dapat dengan cara menyemprotkan beberapa obat pembasmi hama. Beberapa obat yang lazim digunakan menurut Idris dan kawan-kawannya adalah seperti pada tabel berikut ini :

Tabel 3 Daftar nama zat kimia pembasmi kumbang kuning jeruk dan takarannya.

No.

Nama insektisida

Takaran

1.

Aldrin 90% w.p. dalam air

2 %

2.

Dieldrin 50% w.p. dalam air

1 %

3.

Endrin 19% dalam air

1 – 2 %

4.

Folidal E 605 dalam air

0,5 %

Keterangan: w.p. : washable powder/bubuk yang dapat dicuci/terlarut dalam air.

Manfaat Anggrek Bambu

Tanaman anggrek bambu selain sebagai penawar hati bagi para pecinta anggrek cantik dari Amerika (cattleya), juga bermanfaat sebagai tanaman hias. Keindahan dan kecantikannya membuat bunga ini banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias dan bunga potong.

Sebagai bunga potong, anggrek bambu sangat cantik dan berkesan anggun jika dibuat buket atau bunga hiasan meja. Anggrek bambu juga pantas bersaing ‘dalam dunia perdagangan anggrek. Bunga ini cukup potensial dalam menambah pendapatan para petani anggrek. Seperti yang dikemukakan oleh Williams dalam buku Anggrek yang ditulis oleh Latif bahwa anggrek bambu merupakan anggrek penting untuk ekspor bunga-bunga hias ke Eropa.

Persilangan / Pembastaran

Persilangan atau pembastaran antarbunga anggrek dilakukan untuk mendapatkan sifat bunga yang lebih baik dan warnanya lebih bervariasi serta lebih indah. Persilangan antarbunga ini, biasanya dilakukan dengan cara memindahkan serbuk sari ke kepala putik dengan menggunakan suatu alat penjepit kecil yang disebut pinset. Alat ini harus bersih dan suci hama atau steril.

  • Supaya hasilnya lebih indah dan bagus, persilangan antarbunga harus dipilih dari induk bunga yang tangkainya lebih kuat dan bentuk bunganya lebih besar dengan warna yang lebih cerah.
  • Di Kebun Raya Bogor telah banyak dilakukan cara persilangan tersebut. Salah satu contohnya adalah induk bunga arundina disilangkan dengan induk bunga spathoglottis yang berwarna merah ungu (merupakan anggrek antel-antelan).
  • Hasil persilangan tersebut menghasilkan bunga anggrek spathoglottis bentuk baru yang berwarna merah ungu dan bentuk bunganya besar kelopak lebar dan lebih cantik daripada induknya.

Sumber : Buku (Dra. Sri Widawati, Dra. Suliasih / Anggrek Bambu Si Liar Yang Cantik)

Demikian Pembahasan Tentang 6 Cara Mudah Menanam Bunga Anggrek Bambu Harga Jual Tinggi Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Pembaca RuangTani.Com Aminnn … 🙂