5 Tahap Panduan Cara Budidaya Rambutan Manis Untuk Ekonomi Keluarga

Posted on

RuangTani.Com – Rambutan adalah tanaman tropis milik suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari pulau-pulau di Asia Tenggara. Kata “rambutan” berasal dari bentuk buah yang memiliki kulit menyerupai rambut. Varietas unggul dilakukan di Indonesia dan negara-negara lain sampai sekarang dilakukan oleh lembaga penelitian pemerintah. Di Indonesia, Balai Penelitian Tanaman Buah Solok yang melakukan tugas ini. Perbaikan pola dilaksanakan sampai saat ini adalah pemilihan plasma nutfah yang tumbuh di berbagai pusat keanekaragaman di Indonesia, khususnya di Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Lembaga di Malaysia yang melakukan perbaikan kultivar adalah MARDI.

Rambutan

5 Tahap Panduan Cara Budidaya Rambutan Manis Untuk Ekonomi Keluarga

Syarat Tumbuh

Rambutan tumbuh baik di tanah yang subur, gembur, dan mengandung sedikit pasir, pH tanah 6,5 – 7. rambutan mampu tumbuh pada semua jenis tanah, asal mengandung bahan organik cukup. Tidak dapat bertahan pada air yang dangkal dan menggenang. Suatu tempat yang tinggi antara 30 sampai 500 meter di atas permukaan laut. Curah hujan 1500 – 2500 mm dan merata sepanjang tahun. Pada saat berbunga membutuhkan waktu 3 bulan kering.

Jenis-Jenis Rambutan

  • Rambutan Rapiah, Aceh lebak bulus, Simacan, Binjai, Sinyonya, Garuda, dan lain-lain.

Perbanyakan Tanaman

Dapat diperbanyak melalui biji, cangkokan, okulasi, penyusuan. Tanaman yang berasal dari biji akan berbuah setelah 8 tahun, sedang yang berasal dari perbanyakatan vegetatif (okulasi, sambung) berbunga setelah 4 tahun.

Bertanam Rambutan

Persiapan lahan

Rambutan biasa ditanam di pekarangan atau secara kebun. Jarak tanam 10 – 14 m. Ukuran lobang 60 x 60 x 60 cm. Waktu membuat lobang tanah galian bagian atas diangkat ke sebelah kanan lobang, tanah galian bagian bawah ke sebelah kiri lobang.

Penanaman

Setelah dibiarkan 2 – 4 minggu, tanah galian bagian bawah dikembalikan ke lobang bagian bawah. Tanah galian bagian atas dicampur dahulu dengan 2 blek pupuk kandang, lalu dimasukkan ke dalam lobang. Bibit yang telah disiapkan ditanam pada tanah galian bagian atas yang telah dikembalikan ke lobang, penanaman sebatas leher akar. Bila perlu diberi naungan atau penegak.

Baca Juga :

Penyiangan

Penyiangan dilakukan bila gulma telah tumbuh di sekitar tanaman. Tanah di sekitar tanaman perlu digemburkan, tetapi jangan sampai merusak akar.

Dosis Dan Waktu Pemupukan

Umur tanaman

Pupuk kandang (blek)

Urea (g)

TSP (g)

KCL (g)

Penanaman

3

Setahun

4

100

50

20

Dua tahun

5

150

60

250

Dan seterusnya ( kebutuhan pupuk kandang dan NPK selalu bertambah )

Pemupukan dilakukan dengan membenamkan seluruh dosis pupuk kandang dan setengah dosis pupuk urea, TSP, serta KCL ke dalam rorak yang dibuat di sekeliling-batang tanaman, tepat di bawah tajuk daun. Waktu pemupukan pada permulaan musim penghujan.

Pada akhir musim penghujan dipupuk lagi dengan separuh dosis Urea, TSP, dan KCL yang tersisa. Pupuk dimasukkan ke dalam lobang tanah tepat di bawah tajuk daun. Semua pupuk yang dimasukkan ke dalam tanah segera ditutup lagi.

Pembentukan Bentuk Pohon

Setelah tanaman berumur 2 tahun ujung-ujung tanaman dipotong. Pemotongan dimaksudkan untuk menguatkan cabang yang akan dijadikan batang pokok. Selanjutnya tunas tunas yang tumbuh tidak beraturan, tumbuh ke dalam, harus dibuang. Pemangkasan juga dilakukan sesudah pemanenan buah.
Hama Dan Penyakit

Ulat pengerek buah, ulat penggerek batang, ulat pemakan daun, tupai, dan keluang, merupakan hama yang banyak dijumpai pada rambutan. Penyakit tanaman rambutan antara lain penyakit bercak daun, penyakit akar putih.

Pemanenan Buah

Buah rambutan dipetik pada saat matang pohon. Buah yang dipetik sebelum matang pohon tidak akan tambah matang setelah pemetikan. Umumnya rambutan yang matang pohon berwarna merah. Aceh kuning bila masak warna kuning.

Di kutip dari sumber : litbang.pertanian.go.id

Demikian Pembahasan Tentang 5 Tahap Panduan Cara Budidaya Rambutan Manis Untuk Ekonomi Keluarga Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Pembaca RuangTani.Com Aminnn … 🙂