5 Langkah Mudah Cara Menanam Buah Ceri ( Cherry ), Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Posted on

Ruangtani.com – Buah ceri ( cherry ) ialah jenis buah yang banyak digunakan sebagai penghias kue, buah cherry ini berasal dari Negara Australia dan saat ini sudah banyak di budidayakan di Negara Indonesia. Pada buah ini juga memiliki banyak sekali varian seperti :

  • Memiliki rasa manis ( prunus Avium )
  • Rasa asam ( prunus cerasus )
  • Bahkan ada juga yang pahit ( prunus emarginata ).

buah ceri5 Langkah Mudah Cara Menanam Buah Ceri ( Cherry ), Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Pada tanaman buah ini menyukai iklim yang dingin, sehingga paling cocok di budidayakan didaerah pegunungan. Namun sekarang sudah banyak jenis cherry yang dapat dibudidayakan didaerah yang memiliki beriklim panas misalnya seperti Cherry Beach.

Pada buah Cherry ini memiliki kandungan yang banyak sekali seperti :

  • Kalori – 50
  • Gula – 8 gram
  • Fiber – 2 gram
  • Omega 3 – 44,0 mg
  • Antioksidan – 5,50 mmol
  • Beban glikemik – 4
  • Vitamin A – 26%
  • Vitamin B – 11%
  • Vitamin C – 17%
  • Vitamin E – 0%
  • Vitamin K – 3%
  • Kalium – 5%
  • Nilai komposisi nutrisi : 44

Dan pada buah cherry ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi, beberapa manfaat buah cherry bagi kesehatan yang diantaranya adalah :

  • Sumber antioksidan yang kuat
    Pigmen ialah senyawa flavonoid polifenol yang dikenal sebagai glikosida, anthocyanin adalah yang membuat pigmen warna pada buah dan sayuran seperti merah, ungu atau biru terutama yang terkonsentrasi dikulit antochyanin diketahui memiliki sifat anti-oksidan yang kuat.
  • Anti peradangan
    Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa anthocyanin dalam buah ceri juga bersifat anti inflamasi dengan cara menghalangi tindakan enzim siklooksigenase 1 dan 2. Dengan demikian mengkonsumsi ceri memiliki efek kesehatan yang potensial mengurangi rasa yang menyakitkan pada penyakit kronis seperti artriitis gout fibromyalgia ( kondisi otot yang menyakitkan ) dan cedera olahraga.
  • Efek melawan kanker dan penuaan
    Studi penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam buah ceri juga dapat membantu tubuh manusia untuk melawan kanker, penuan dini, penyakit saraf dan kondisi pradiabetes.
  • Menenangkan syaraf
    Pada buah ceri sangat kaya akan melatonin. Melatonin ialah antioksidan yang dapat melintasi penghalang darah ke otak dengan mudah dan menghasilkan efek menenangkan pada saraf otak, menenangkan sistem iritasi saraf yang membantu meringankan neurosis, insomnia dan kondisi sakit kepala.

Baca juga :

Untuk cara menanam buah cherry dapat dilakukan secara vegetatif ( cangkok stek ) dan juga generatif ( biji ) jika anda menginginkan pohon cherry yang cepat berbuah maka cara membudidayakan yang dilakukan ialah dengan vegetative yakni dengan mencangkok ataupun stek batang berikut beberapa langkah cara menanam buah cherry yang benar.

Persiapan Bibit

Hal yang pertama yakni menyiapkan bibit buah cherry dari biji dapat dilakukan dengan mengambil biji dari buah cherry yang benar-benar sudah tuda bahkan ambil dari buah yang sangat matang dipohon atau yang jatuh bersihkan daging buahnya dan kemudian pisahkan bijinya lalu jemur biji diterik matahari kurang lebih selama 1 hari hal ini untuk mengurangi kelembaban bijinya, selanjutnya angkat dan letakkan ditempat teduh.

Berikutnya sebelum melakukan penyemaian pada buah cherry harus didinginkan dilemari pendingin, letakkan buah cherry dilipatan kertas atau tissue hal ini agar tertutup. Selanjutnya masukkan dilemari pendingin ( jangan di frezzer ) biarkan sampai 1 minggu cara ini dilakukan agar mempercepat biji cherry bertunas.

Siapkan media semai dengan menggunakan pot atau polybag yang diisi campuran tanah, sekam padi yang dibakar dan pupuk kandang. Setelah biji dikeluarkan dari lemari pendingin biarkan selama 1 jam sebelum ditanam. Setelah itu semai biji tersebut ke media semai yang disiapkan letakkan semaian cherry diarea yang teduh lakukan penyiraman untuk tetap menjaga kelembaban media semai cukup menggunakan sistem penyiraman spray saja.

Apabila anda tidak ingin menunggu lama maka anda bisa mendapatkan bibit buah cherry dikios-kios yang menjual bibit tanaman. Biasanya bibit tanaman ini hasil cangkok atau okulasi untuk memastikan hal tersebut periksalah batang bibit yang akan dibeli terlebih dahulu, jika hasil okulasi maka ada bekas sayatan dipohonnya.

Namun hal yang paling sangat penting ialah memilih bibit tanaman yang memiliki bentuk yang bagus dan kesuburan bibit yang terlihat dari daun dan batangnya.

Persiapan Lahan Tanam

Untuk menanaman pada buah cherry ini dapat dilakukan ditanah secara langsung atau bisa juga ditanama didalam pot. Untuk menghasilkan pohob cherry yang mampu berbuah banyak maka tanamlah bibit cherry langsung ke tanah. Hal ini disebabkan nutrisi yang didapat jika ditanam ditanah secara langsung akan lebih banyak dibanding didalam pot.

Untuk caranya yakni buatlah lubang tanam dengan menggunakan cangkul dengan ukuran 50 cm x 50 cm dengan memiliki kedalaman sekitar 50 cm. isi lubang dengan menggunakan pupuk kandang sampai 2/3 bagian terisi biarkan lubang tanam selama 3 minggu sebelum ditanami.

Jika anda ingin membudidayakan pohon cherry didalam pot maka ukuran pot harus besar atau bisa memanfaatkan potongan drum bekas. Isi pot dengan campuran tanah dan pupuk kandang lalu biarkan terlebih dahulu sebelum ditanami agar pupuk benar-benar menyatu dengan tanah.

Cara Menanam Bibit Cherry

Setelah bibit hasil semaian atau hasil cangkokan telah siap ditanam, maka lakukan penanaman pada media tanam yang telah disiapkan. Buka atau lepaskan bibit dari wadah semaian lakukan dengan secara perlahan agar tanah semaian tidak pecah atau hancur, kemudian masukkan ke lubang tanam dan lakukan penutupan, lakukan penyiraman setelah bibit buah cherry selesai ditanam.

Cara Perawatan Tanaman

Untuk perawatan yang dilakukan pada tanaman buah cherry terbilang cukup mudah cukup dengan membersihkan tumbuhan atau rumput yang adan disekitarnya, lakukan pemupukan dengan secara berkala dengan menggunakan pupuk kandang atau jika anda lebih kreatif pupuk kandang dapat dirubah ke pupuk cair dengan cara merendam pupuk kandang ke air selama beberapa hari kemudian air rendaman dapat disiramkan ke bagian akar tanaman.

Pemangkasan juga diperlukan untuk mempercepat pohon cherry berbunga dan berbuah namun perlu memperhatikan pola tumbuh tanaman agar tidak menghambat pertumbuhan pohon cherry.

Pemanenan Buah Cherry

Pada pohon cherry terbilang pohon yang unik karena tanaman ini tidak menentu dalam berbuah pohon ini tidak bisa dipastikan dapat berbuah setiap setahun sekali, pohon cherry dapat menghasilkan buah pada umur tanaman sekitar 3 hingga 4 tahun. Namun ada juga dapat berbuah pada umur 1.5 tahun jika perawatannya baik dan ditanam dari bibit hasil cangkok atau okulasi.

Cukup Mudah Bukan …?? 🙂
Semoga dengan adanya postingan tentang 5 Langkah Mudah Cara Menanam Buah Ceri ( Cherry ), Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda, sekian dan terima kasih. 🙂