5 Langkah Mudah Cara Budidaya Jambu Air Madu Merupakan Peluang Bisnis Baru

Posted on

RuangTani.Com – Jambu air merupakan tanaman dari suku Syzygium atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebenarnya berbeda dengan jambu Semarang Syzygium samarangense, kerabat dekat yang memiliki pohon dan buah mirip. Beberapa kultivarnya bahkan sulit untuk membedakan, sehingga keduanya sering dinamai jambu umum atau jambu saja. Jambu air dengan mudah tumbuh dan dibudidayakan. Dan juga kini banyak di temukan nama dan varietas jambu air baru.

Jambu Air Madu

5 Langkah Mudah Cara Budidaya Jambu Air Madu Merupakan Peluang Bisnis Baru

Varietas Baru Jambu Madu Hijau

Varietas Baru

Jambu air madu hijau merupakan varietas baru yang mulai banyak dikembangkan oleh para pehobi buah atau petani buah, bahkan buah yang masih tergolong dalam keluarga Myrtaceae ini sudah mulai banyak ditanam di pekarangan rumah-rumah karena jambu air madu hijau ini sangat mudah dibudidayakan.

Baca Juga :

Rasa Jambu Madu

  • Jambu air madu hijau juga memiliki rasa segar dan sangat manis ketika dimakan. Permintaan yang tinggi adalah salah satu alasan untuk peningkatan jumlah jambu air madu untuk dibudidayakan.

Cara Menanam Jambu Air Madu

Pemilihan bibit

  • Bibit yang ditanam harus memiliki sumber yang dapat dipercaya, karena bibit yang unggul merupakan awal untuk mendapatkan buah dengan kualitas terbaik. Bibit dapat dibuat dengan metode stek ataupun cangkok dari induk tanaman yang sudah berbuah.

Penanaman

  • Metode penanaman buah dapat dilakukan di dalam pot (tabulampot), ataupun polybag dengan diameter 50 cm. Pot diberi lubang kecil untuk drainase kemudian diisi dengan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Pohon jambu air madu disusun rata dengan jarak 2.5m hingga 3m agar terdapat sirkulasi udara antar pohon.

Penyiraman dan Pemupukan

  • Penyiraman dilakukan 2 kali sehari tergantung pada cuaca. Metode penyiraman dapat dilakukan secara manual atau dengan kran otomatis atau fertigasi. Penyiraman dengan fertigasi sangat memudahkan pekerjaan jika pohon-pohon yang tumbuh dalam jumlah besar.
  • Pemupukan dilakukan 2 kali seminggu, jika buah ini menjadi berbuah dan 1 kali seminggu jika pohon tidak berbuah. Pupuk yang biasanya diberikan pupuk npk dan pupuk kandang.

Pengendalian Hama

  • Untuk mendapatkan kualitas buah terbaik tidak boleh ada 1 hama pun yang bersarang di pohon ataupun buah. Metode yang dapat dilakukan adalah dengan membungkus buah dengan plastik atau kertas sejak dari bunga (bakal buah) telah pecah menjadi buah kecil.
  • Metode lain yang dapat digunakan adalah dengan memasang kelambu untuk mencegah masuknya hama. Metode ini sangat efektif dalam mencegah hama di tanaman jambu air.

Cara panen

Buah yang tak mengenal musim ini bisa dipanen hingga 10 kg per pohon dengan usia 1,5-2 tahun. Buah dipanen adalah benar-benar buah yang matang dipohon, dengan karakteristik kehijauan dan warna kemerahan sedikit di satu sisi.

Sumber : bbppketindan.bppsdmp.pertanian.go.id

Demikian Pembahasan Tentang 5 Langkah Mudah Cara Budidaya Jambu Air Madu Merupakan Peluang Bisnis Baru Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Pembaca RuangTani.Com Aminnn … 🙂