4 Langkah Cara Ternak Kelinci Hias Bermanfaat Dan Menguntungkan

Posted on

Ruangtani.com – Bagi sebagian orang yang hobi atau gemar sekali dengan memelihara binatang, pastinya juga akan sangat menyukai kelinci. Binatang kelinci ini merupakan makhluk yang mungil dan sangat lucu sekali. Namun dibalik semua itu ternyata binatang kelinci tersebut banyak sekali memberikan manfaat yang sangat besar dan bernilai ekonomi. Selain untuk dijadikan kelinci hias dan daging dari beberapa jenis binatang kelinci tersebut banyak dikonsumsi oleh manusia. Namun bagi yang suka untuk menikmati dari kecantikan binatang kelinci, yah kelinci anggora ialah jenis kelinci yang sangat tepat sekali untuk dipelihara.

anggora2

4 Langkah Cara Ternak Kelinci Hias Bermanfaat Dan Menguntungkan

Dengan semakin banyaknya dan popularitas kelinci maka kebanyakan orang ingin untuk memelihara kelinci tersebut. Hal ini kesempatan besar bagi para pengusaha untuk berternak kelinci akan tetapi untuk memulainya tentunya perlu mengetahui bagaimana cara memelihara kelinci ini menjadi satu hal yang wajib untuk perlu diketahui.

Hal yang utama memilih jenis kelinci yang tepat / baik

Untuk berternak kelinci hias, bagian bulu ialah untuk dijadikan pertimbangan yang sangat utama sekali, karena kelinci yang memiliki bulu yang indah / cantik pastinya nambah nilai keindahan yang lebih tinggi. Ada banyak sekali kelinci ini yang bisa dijadikan sebagai kelinci hias, yang diantaranya yakni kelinci lion.

Tapi bukan Cuma kelinci jenis itu saja ada jenis kelinci seperti kelinci Nederland drawft. Berbeda dengan kelinci potong, untuk memilih kelinci hias tidak terlalu patokan atau focus pada berat atau bobot kelinci tersebut, jadi selama memiliki berat yang normal dan memiliki bulu yang indah kelinci tersebut layak untuk dijadikan pilihan dan berternak kelinci hias.

Kondisi kandang yang ideal

Didalam berternak kelinci hias, kondisi kandang memiliki peranan yang sangat penting sekali. Karena kandang yang nyaman pastinya akan membuat kelinci merasa lebih nyaman dan menjadi tumbuh dengan sehat. Untuk karakteristik kandang yang baik untuk kelinci hias ialah yang cukup luas, yang jauh dari pemukiman atau keramaian, dekat dengan sumber air dan jauh dari polusi.

Namun lokasi yang ideal tidaklah cukup untuk kandang yang dipilih juga harus sesuai dengan jenis kelinci yang diternakan. Untuk perlu diketahui sebenarnya ada beberapa jenis kandang yang biasa digunakan untuk ternak kelinci hias. Yang diantaranya ialah kandang yang system postal, kandang system ranch dan kandang battery. Akan tetapi untuk kasus kelinci hias kandang system ranch ialah jenis yang dianjurkan dalam teknik ternak kelinci ini.

Pola makan yang tepat untuk kelinci hias

Dari pola makan semua jenis kelinci termasuk jenis fuzzy lop memiliki pola yang sama, dalam sehari kelinci perlu untuk makan sebanyak 3 kali. Yang untuk membedakan antara kelinci hias dengan kelinci potong yaitu terletak dari porsi makanannya.

Pada teknik berternak kelinci hias untuk porsi makanannya lebih sedikit. Makan yang diberikan juga dianjurkan tidak mengandung banyak air dan agar kelinci tidak mudah bosan diusahakan untuk memberikan jenis makan yang beragam.

Cara perawatan kelinci hias

Setiap makhluk hidup pastinya mempunyai kelebihan nah untuk kelinci hias ini kelebihannya yaitu memiliki bulu yang indah dan cantik. Untuk menjaga agar bulunya tidak mudah rontok jangan terlalu sering memandikan kelinci tersebut.

Untuk memilih ukuran kandang kelinci ini juga termasuk membutuhkan ruang yang cukup luas atau besar. Saat akan melahirkan kelinci hias atau lebih spesifiknya kelinci angora membutuhkan ruang yang lebih besar lagi. Dan pada akan melahirkan dipastikan untuk sediakan rumput kering agar kelinci ini merasa hangat.

Sebagai salah satu tips agar anak kelinci tidak mudah terkena penyakit gatal ada baiknya jauhkan anak kelinci dari tanah yang lembab. Saat usia anak tersebut sudah cukup layak sebaiknya pisahkan kelinci dari kelinci dewasa yang lainnya.

Dan satu hal yang perlu diketahui dalam cara berternak kelinci hias ialah suhu kandang yang ideal. Pada kelinci hias untuk suhu kandangnya harus lebih dingin dari kandang kelinci biasa selain itu juga untuk penanganan kelinci hias harus lebih hati-hati.

Disamping menjaga kesehatan kelinci hias peternak juga harus menjanya agar tidak mudah stress dan selalu menjaga sirkulasi udara didalam kandang. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu yang ingin berternak kelinci hias selamat mencoba terima kasih.

Sangat mudah bukan !!!

Semoga dengan adanya artikel 4 Langkah Cara Ternak Kelinci Hias Bermanfaat Dan Menguntungkan ini menjadi inspirasi anda yang ingin ternak dan nambah usaha sampingan, sekian dan terima kasih.