4 Cara Mudah Dan Simpel Budidaya Ternak Semut Jepang Berkhasiat

Posted on

RuangTani.Com – Budidaya ternak semut jepang masih sangat jarang di lakukan mungkin karena sebagian orang belum mengetahui khasiatnya. Semut jepang  kaya akan manfaat dan khasiat bagi kesehatan dan juga ternak semut ini merupakan peluang bisnis yang memiliki prospek bagus untuk kedepan. Sehingga dapat menambah kegiatan ekonomi dalam keluarga.

Cara Budidaya Ternak Semut Jepang

Pandua Budidaya Semut Jepang

Siapkan Benih Semut Jepang, semut berusia pilih cukup matang dan masih produktif. Jepang biji semut, lebih harus lebih baik karena jumlah yang semakin otomatis akan berkembang biak lebih cepat

Yang berikutnya adalah cara ternak Persiapkan media untuk ternak, saya biasanya menggunakan jar medianya.Toples baik adalah bahwa dari plastik untuk menghindari jika jatuh tidak akan ada saja pecah.Bentuk jar jar misalnya kerupuk, stoples mantan sosis, guci bukan kotak besar juga tidak apa atau juga dapat menggunakan akuarium.

Media atau wadah juga dapat menggunakan bentuk lain dari media yang plastik. Sesuaikan jumlah semut di media karena media terlalu besar jumlah semut yang terlalu sedikit akan menyebabkan semut sulit untuk berkembang biak. karena membuat semut jarang bertemu sehingga tidak ada pernikahan.

Berikut beberapa hal perlu dipersiapkan :

  • Minimal tiga ekor bibit indukan Semut Jepang.
  • Toples plastik atau kaca dengan lubang udara.
  • Kapas steril (bukan kapas kosmetik).
  • Ragi tape yang biasa digunakan untuk proses fermentasi tape sebagai pakan Semut Jepang.

Toples media untuk ternak

Lubang Tutup toples dengan pisau atau gunting yang telah dipanaskan sebagai lubang yang diperlukan sehingga sirkulasi udara dijamin. Jangan terlalu lebar agar kadal dan serangga lainnya tidak mudah masuk. Perhatikan membuat lubang jika rumah memiliki banyak ventilasi terbuka dan lapang dan suhu agak lembab, membuat saya sebuah lubang kecil sehingga semut tetap hangat.

Tapi sebaliknya jika rumah tertutup dan suhu agak panas membuat lubang di toples atau tutup sedikit banyak sehingga semut tidak merasa terlalu panas, karena semut sempurna dengan suhu ringan dan tetap pada suhu antara 30 derajat Celsius.

Lubangi tutup toples untuk udara

Bagaimana semut ternak Jepang berikutnya, Siapkan Cotton dan mengisi toples dengan rasa kapas sebagai lapangan (tinggi kapas kurang cukup 4 cm. Karena nanti kapas akan meningkat dengan sendirinya apabila semut mulai berkembang biak.

Pilih kapas lembut bertekstur sehingga semut mudah masuk dan berkembang biak, tidak menggunakan kapas untuk membersihkan wajah sebagai jenis katun yang biasanya mengandung bahan kimia yang dapat mempengaruhi perkembangan semut.

Isi dengan tinggi kapas kapas max adalah 4 cm

Kapas di pilih sebaiknya :

  • Kapas yang bersih putih dan tidak padat Saya sendiri biasa memilih kapas yang murahan seharga Rp.1000 rupiah per plastik.
  • Kapas type ini cukup lunak dan mudah di tata.
  • Masukkan kapas di dalam wadah dengan cara di tata rapi dengan ketinggian merata.

Siapkan Ragi Tape sebagai makanan semut Jepang, dapat dibeli di toko-toko atau di pasar tradisional. Pilih ragi NKL jika tidak dapat membeli ragi eceran, karena ragi yang telah terkontaminasi dengan udara agak lama biasanya ia dengan cepat akan keluar jamur, ini tidak baik untuk semut.

Siapkan Ragi Tape sebagai makanan

Taruh dan peliharalah di tempat yang bersuhu kering cenderung panas, yaitu ruangan dengan suhu 30 derajat celcius. Panas yang di maksud adalah panas gerah tetapi bukan merupakan panas langsung karena terkena sinar matahari. Sangat menghindari semut disimpan di ruang / dingin / dingin, karena semut akan sulit untuk berkembang biak, dan jika ada kelembaban di dalam toples sehingga semut akan mati lembab. Sirkulasi udara dalam ruangan harus sehat.

  • Masukkan semua semut benih / indukan semut ke dalam toples / wadah / media yang telah disiapkan.
  • Jangan lupa untuk ragi tape harus sering dipantau untuk tidak menjalankan.
  • Setelah menunggu sampai beberapa bulan dan melihat pengembangan lanjutan.

Tips Untuk Ternak Sukses Semut Jepang

Agar budidaya sukses semut Jepang dan dapat berkembang biak dengan baik, hal-hal berikut yang perlu dipertimbangkan dalam pemeliharaan :

  • Selalu berikan makanan yang cukup ( makanan berupa ragi tape ). Ingat cukup makan bukan berarti over, karena bila over ragi di wadah semut maka akan terjadi fermentasi dan kelembaban sehingga panas yang berujung pada munculnya embun di dalam media budidaya. berikan makanan secukupnya dan di berikan makan lagi bila makanan yang di berikan sebelumnya sudah habis.
  • Tempatkan media budidaya dari jangkauan cicak dan semut rumah, karena semut bisa di mangsa oleh mereka dan cenderung kalah.
  • Biarkan semut tetap tenang di media mereka, tidak sering ditangani agar tidak stres Tunggu kira-kira 2-3 bulan dan memantau kemajuan, niscaya semut bahwa hewan peliharaan telah berkembang pesat.
  • Biasanya jumlahnya sudah akan meningkat antara 3-6 kali lebih dari jumlah aslinya.
  • Bersihkan wadah media tatkala kapas sdh terlalu kotor dan banyak terdapat pengendapan bubuk sisa makanan di bagian bawah toples dengan cara di saring dengan saringan santan yang lembut.

Bagaimana Mudah Bukan ??? 🙂 Semut yang ini sangat kaya manfaat dan khasiatnya lhooo 🙂  Semoga bermanfaat ya teman 🙂

4 Cara Mudah Dan Simpel Budidaya Ternak Semut Jepang Berkhasiat