3 Tahap Mudah Ternak Tikus Putih ( Mus Musculus ) Yang Perlu Diketahui

Posted on

Ruangtani.com – Tikus putih ( mus musculus ) ialah merupakan jenis pakan terbaik untuk berbagai macam peliharaan baik itu burung pemangsa, ular dan yang pada umumnya tikus ini digunakan untuk penelitian. Karena banyaknya kegunaan tersebut maka ternak tikus putih pun ialah ide yang sangat bagus untuk berinvestasi.

tikusputih

3 Tahap Mudah Ternak Tikus Putih ( Mus Musculus ) Yang Perlu Diketahui

Untuk berternak tikus putih bisa sangat memberikan peluang usaha yang juga tidak kalah dengan ternak hewan lainnya asalkan tahu teknik ternaknya. Sudah banyak yang tergiur dengan berternak tikus ini karena menurut para pelaku ternak, tikus ini mudah perawatannya serta modal yang digunakan pun sedikit.

Hewan tikus ini sangat mudah beranak pinak serta tiap bulan pun bisa dipanen. Waktu yang dibutuhkan untuk mengurus indukan tikus putih ini pun cukup singkat setiap harinya sehingga walaupun memiliki kesibukan yang lainnya, ternak tikus ini bisa menjadi sampingan yang tidak menyita waktu tentunya.

Baca juga :

Untuk satu induk tikus saja bisa melahirkan sampai 12 anak tikus dan waktu kehamilan tikus ini Cuma 20 hari saja. Nah jika anda memiliki indukan banyak, otomatis pastinya anda akan menghasilkan banyak sekali tikus setiap bulannya. Anda tinggal mengkalkulasi berapa hasil dari ternak tikus anda tersebut.

Sebenarnya cara ternak tikus putih ini tidak lah jauh berbeda dengan memelihara hamster. Hal yang paling utama dalam memelihara tikus putih atau menternakan tikus putih ialah

  • Kebersihan kandang
  • Ketersedian pakan
  • Dan suhu udara yang pas

Dan berikut adalah cara memelihara atau menternakan tikus putih yang baik dan benar yang perlu untuk diketahui yaitu :

Memilih Kandang

Seperti yang dikemukakan diatas, untuk kebutuhan dasar dalam pemeliharaan tikus putih ialah kebersihan kandang, ketersediaan pakan dan suhu udara yang pas alias tidak terlalu tinggi atau terlalu dingin. Pada kandang tikus tempat memelihara tikus putih dan menernakkan tikus putih bisa berupa container box, akuarium kaca lebar yang telah diberi sekat-sekat hal ini agar bisa menampung tikus putih yang lebih banyak atau dengan menggunaka kandang buatan yang dibuat dari bahan kayu.

Bisa juga dengan menggunakan lemari plastic yang memiliki laci banyak yang dijual dipasaran sebaiknya kandang yang digunakan tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit. Dan untuk tempat makan bisa menggunakan wadah seperti tempat makan hamster yang agak besar dan untuk tempat minumnya bisa menggunakan seperti botol minum untuk hamster. Kedua wadah tersebut bisa dibeli di toko perlengkapan hewan atau ditoko jual makanan burung.

Cara Bertenak Tikus Putih

Untuk berternak tikus putih langkah yang sangat penting yakni memilih indukan, anda bisa memilih indukan tikus putih jantan dan indukan tikus putih betina. Cara membedakan tikus putih jantan dengan tikus betina ialah adanya β€œ buah zakar ” dibadan tikus putih jantan, dan sedangkan pada tikus betina tidak ada buah zakarnya. Untuk umur indukan tikus putih yang pas untuk dijadikan indukan ialah yang sydah mencapai diatas 2 bulan.

Caranya pilih 1 ekor tikus putih penjantan dan 3 ekor tikus putih betina, lalu satukan ke empat ekor indukan dalam satu kandang perkawinan, kemudian obserbasi tikus tersebut didalam kandang perkawinan selam satu minggu sambil terus diberi makan dan minum. Makanan untuk tikus putih yang dipelihara ialah pur ayam dan air minum yang dapat digunakan untuk tikus putih ialah air mineral.

Jika proses perkawinan indukan tikus putih dengan berjalan lancar dalam jangka waktu satu minggu anda kan melihat perubahan bentuk perut salah satu indukan tikus putih betina menjadi lebih besar,segera pisahkan indukan betina tersebut ke kandang yang baru dan pastikan persediaan makan dan minum selalu tersedia dikandang tersebut.

Tahap Pemeliharaan

Hal yang selanjutnya tahap pemeliharaan yang harus tetap anda lakukan ialah memastikan persediaan makan dan minum di kandang tersebut dan biarkan induk betina tikus putih menjalankan tugasny sesuai dengan instingnya. Untuk anakan tikus putih bisa dapat dipisahkan dari induknya saat sudah mencapai usia tiga minggu dan sudah bisa makan sendiri. Dalam usia 2 bulan atau lebih anakan tikus putih bisa dikawinkan lagi dengan tikus putih yang lain yang tidak sedarah dengannya.

Cukup Mudah Bukan …. ??? πŸ™‚
Semoga dengan pembahasan 4 Tahap Mudah Ternak Tikus Putih ( Mus Musculus ) Yang Perlu Diketahui ini semoga berguna dan bermanfaat bagi yang ingin tambahan sampingan, terima kasih πŸ™‚