3 Tahap Mudah Cara Menanam Bunga Melati

Posted on

Ruangtani.com – Sebagian orang pastinya sudah tahu nama bunga melati ini yang merupakan salah satu jenis bunga yang ditanam diperkarangan rumah dan cukup banyak sering ditemui dipasaran. Tanaman ini mempunyai bunga yang berukuran kecil dengan mahkota berjumlah 6 hingga 8 helai, juga banyak peminatnya bunga ini cukup tinggi yang menjadikannya sebagai salah satu komoditi bisnis yang cukup menjanjikan.

Dan selain juga bunga melati ini dikenal sebagai salah satu bunga yang menjadi cirri khas dari bangsa Indonesia. Hla ini pulalah yang menyebabkan harga nila jula bunga melati ini cukup tinggi bila dibandingkan dengan jenis bunga yang lainnya yang biasa ditemui di Indonesia.

melati

3 Tahap Mudah Cara Menanam Bunga Melati

Ada banyak sekali varietas pada bunga melati yang bisa ditemukan saat inio, hingga pasa saat ini yang diketahui ada sekitaran 200 jenis bunga melati yang tersebar didaerah sub tropis dan tropis. Pada warna yang paling umum dan sering dijumpai pada bunga melati adalah warna putih, walaupun ada beberapa warna lainnya. Pada bunga ini juga banyak manfaatnya yang salah satunya sebagai bahan baku parfum, selain itu juga bunga melati dapat digunakan sebagai asesoris dalam pernikahan atau acara adat dan untuk digunakan bahan campuran minuman teh.

Untuk cara penanaman pada bunga melati ini sangatlah mudah karena perawatannya yang terbilang sangat mudah, tanaman ini juga tidak memerlukan media tanam yang khusus dan rumit, cukup dengan tanah yang gembur yang mempunyai kandungan unsure organic dengan pH antara 6 hingga 7.

Apabila jika perawatan yang dilakukan kurang baik maka bunga melati tersebut akan mogok untuk berbunga. Karena pada umumnya bunga melati ialah bunga yang menyenangi areal terbuka yang cukup mendapatkan sinar matahari yang secara langsung sehingga sangat cocok untuk ditanam diperkarangan rumah. Nah berikut ini panduan atau tahapan bagaimana cara menanam bunga melati yang baik.

Pembibitan Bunga Melati

Untuk pembibitan pada bunga melati ini pilihlah batang melati yang baik dan berukuran sedang, caranya dengan memotong batang tersebut sepanjang 12 cm untuk pembibitan stek kemudian tanam dalam polybag semai. Lalu siram untuk menjaga kelembaban pada media semainya.

Setelah beberapa minggu maka batang akan muncul tunas daun yang baru, bibit yang sudah tumbuh tunasnya kemudian bisa dapat dipindahkan ke dalam sebuah tempat seperti pot atau perkarangan rumah.

Penanaman Bunga Melati

Sebelum untuk tahap penanaman siapkan terlebih dahulu media tanam permanen pada pot atau perkarangan dengan komposisi tanah dan kompos atau pupuk kandang yang memiliki perbandingan 1 : 1. Tanam bibit yang sudah siap dengan hati-hati agar tanaman ini tidak mengalami kerusakan kemudian timbun dan sedikit di padatkan media tanam disekitarnya.

Pilihlah tempat tanam yang teduh sebelum benar-benar tumbuh dengan baik jangan terburu-buru dipindahkan ke tempat tanam dibawah terik sinar matahari.

Perawatan Bunga Melati

Tahap berikutnya perawatan yakni ini dengan melakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari, siangi gulma dan rumput liar disekitar tanaman melati. Dan jangan lupa untuk melakukan pemupukan saat usia sudah masuk 1 minggu. Untuk pemberian pupuk ialah NPK dengan perbandingan 15:15:15 dengan memiliki dosis 5 gr/tanaman.

Untuk cara pemupukan dilakukan setiap sebulan sekali, selain itu pemangkasan daun juga bisa dilakukan jika tanaman ini sudah mulai menjalar terlalu jauh. Yang salah satu fungsi pemangkasan ialah untuk merangsang tanaman agar cepat berbunga dan memperbanyak rating/cabang, bunga akan mulai muncul setelah minggu ke 5 hanya jika perawatan dilakukan dengan sanga baik.

Well ….. Cukup Mudah bukan ??? 😀

Ayo kawan lestarikan bumi ini dan tanam pohon dan tumbuhan sebanyak-banyaknya supaya kadar oksigen di bumi semakin sehat 😀