10 Langkah Sukses Berbisnis jamur

Posted on

Setelah menemukan bisnisjamur adalah impian Anda, kembangkanlah impian Anda. Ada 10 langkah yang bisa memandu pebisnis untuk menyusun bisnis jamur dan membuatnya sukses, yaitu sebagai berikut.

1.    Kerjakan Apa yang Anda Sukai

Anda akan mencurahkan banyak waktu dan energi untuk memulai sebuah bisnis jamur dan membangunnya menjadi usaha yang berhasil. Jadi, sangat penting bahwa Anda sangat menikmati secara mendalam apa yang Anda kerjakan, baik usaha pembibitan, usaha produkjamur segar, atau jamur olahan.

2.    Mulai Bisnis Ketika Anda Masih Bekerja

Berapa lama paling banyakorang bisa bertahan tanpa uang? Tidak lama. Hal ini akan menjadi waktu yang lama sebelum bisnis baru Anda benar-benar membukukan keuntungan. Dengan “masih menjadi karyawan* ketika memulai bisnis, berarti ada uang di saku ketika Anda memasuki proses memulai bisnis.

3.    Jangan Kerjakan Sendirian

Anda membutuhkan dukungan ketika memulai bisnis dan setelahnya. Seorang anggota keluarga atau teman yang dapat memberikan ide dan akan mendengar secara simpatiktidakternilai harganya.

4.    Pertama, Dapatkan Klien atau Pelanggan

Jangan menanti sampai Anda telah secara resmi memulai bisnis. Bisnis Anda tidak dapat bertahan tanpa pelanggan. Kembangkan jaringan, lalu buat kontak dan jual atau berikan produk atau jasa Anda. Tidak ada istilah memulai pemasaran terlalu cepat.

5.    Tulis Perencanaan

Bisnis Alasan penting membuat rencana bisnis adalah dapat membantu Anda menghindari habisnya kesempatan dan uang yang membuat bisnis tidak akan sukses.

6.    Lakukan Riset

Anda akan mengerjakan banyak penelitian sepanjang rencana bisnis. Namun, itu barulah awal untuk menjadi ahli dalam industri, produk, dan jasa Anda. Bergabung pada asosiasi industri atau profesional yang juga berkaitan serta berhubungan dengan bisnis Anda sebelum  melakukan dan memulai sebuah bisnis merupakan ide yang sangat bagus.

7.    Dapatkan Bantuan Profesional

Bukan Hanya karena menjalankan sebuah bisnis kecil saja, bukan berarti Anda harus menjadi seorang ahli di semua bidang. Jika Anda bukan seorang akuntan, sewalah satu atau dua orang, misalnya. Jika ingin menulis kontrakdan Anda bukanlah seorang pengacara, sewalah satu orang. Anda akan membuang banyak kesempatan dan mungkin juga uang untukmencoba melakukannya sendiri pekerjaan yang Anda tidak memiliki kualifikasi untuk mengerjakannya.

8.    Dapatkan Uang

Untuk mendapatkan modal keuangan dalam memulai bisnis jamur, dekati -investor potensial dan pemberi pinjaman. Gambarkan perencanaan keuangan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ? jamur dengan jelas dan asumsi-asumsi yang mendekati kenyataan. Jangan mengharapkan memulai bisnis, kemudian berjalan ke dalam bank dan mendapatkan uang. Pemberi pinjaman dari lembaga keuangan (bank) biasanya tidak mudah memberikan pinjaman karena diperlukan persyaratan administrasi yang cukup rumit dan pembuktian track records peminjam.

9.    Jadilah Profesional Sejak Memulai

Pada Segala sesuatu tentang Anda dan juga bagimana cara menjalankan bisnis membuat orang tahin bahwa Anda seorang profesional yang  menjalankan sebuah bisnis yang serius Ini berarti perlu mendapatkan dukunganf termasuk perlengkapan untuk menjadi profesional di bidangnya, seperti kartu bisnis profesional, telepon bisnis, dan H alamat e-mail bisnis, dan memperlakukan orang secara profesional dengan cara-1 yang sopan.

10.    Jalankan Bisnis Sesuai dengan “1 Aturan Hukum serta Keluarkan | Zakat dan Pajak

Hukum dalam berbisnis merupakan ‘< aturan yang dibuat pengelola negara sebagai upaya menjamin ketertiban dan keadilan para pelaku bisnis. Oleh karena itu, pelajarilah agar bisnis tidak “1 terjerat hukum karena ketidakpahaman® Anda.Telitilah, apakah bisnis Anda sudahl, saatnya diregistrasi? Apakah Anda harus | memiliki asuransi untuk karyawan? f Hitung baik-baik skala bisnis Anda. Apakah sudah mencapai nishab untuk® membayar zakat? Jika ya, segera tunaikaifj dengan hati yang ringan. Bayarlah dari 3 kali pertama. Jika ditunda, akan terasa J semakin berat menunaikannya. Ingatlah bahwa zakat akan memberkahkan bisnis Anda. Selain membayar zakat, -ringankan pula untuk bersedekah dari 1 bisnis Anda. Sedekah dari bisnis Anda adalah bentuk CSR (Corporate Social Responsibility). Pelajari kewajiban pajak dari bisnis Anda.Tunaikan sebagai sumbangan bagi pemasukan negara untuk menyejahterakan masyarakat.

Demikian 10 Langkah Sukses Berbisnis jamur